10 Hari Beroperasi, Lab Biomolekuler Arifin Achmad Temukan 6 Kasus Positif Covid 19

10 Hari Beroperasi, Lab Biomolekuler Arifin Achmad Temukan 6 Kasus Positif Covid 19
Laboratorium Biomolekuler Arifin Achmad

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Yopi menyebutkan total hampir 10 hari Laboratorium Biomolekuler Arifin Achmad, ada enam kasus positif Covid 19 yang ditemukan.

"Sejak perhari kemarin, di lab biomolekuler sudah menerima di atas 80 sampel untuk diperiksa perharinya," ujarnya

Dijelaskan dr Yopi, bahwa proses pada lab biomolekuler ini adanya bentuk qualty control. Melakukan pemeriksaan serta perbandingan dengan pemeriksaan yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Jakarta.

"Untuk data hasil positif Covid 19 pemeriksaan di lab biomolekuler Arifin Achmad sama dengan Litbangkes Jakarta yang juga menunjukkan hasil positif, sedangkan untuk hasil negatif juga demikian," ungkapnya.

Dr Yopi menambahkan bahwa hasil swab ini menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), pemeriksaan PCR adalah pemeriksaan menggunakan mesin. Ada tiga bentuk pekerjaan sebelum mendapatkan hasil yaitu ekstraksi, DNA, dan PCR.

"Hasil PCR  berbentuk grafik, jika positif Covid 19 kita harus tau bentuk grafiknya gimana sedangkan jika bukan Positif Covid 19 kita juga harus tau bentuk grafiknya gimana," katanya. 

Harapan dr Yopi, lab biomolekuler Arifin Achmad untuk kapasitasnya bisa mencapai 100 sampel untuk perharinya. 

"Dapat kabar dari lab biomolekuler, Insyaa Allah akhir minggu ini bisa menerima 100 sampel perhari, namun 100 sampel ini bukan untuk 100 orang karena 1 orang saja dilakukan sebanyak 4 sampel. Sehingga jika 100 sampel itu berarti 25 orang," tutupnya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index