Akhiri Tugas, Mahasiswa KKN UNRI Adakan Perpisahan dengan Satgas serta Masyarakat Kelurahan Simpang Tiga

Sabtu, 20 Juni 2020 | 18:43:50 WIB
Akhiri Tugas, Mahasiswa KKN UNRI  Adakan Perpisahan dengan Satgas serta Masyarakat  Kelurahan Simpang Tiga
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebagai salah satu syarat untuk mahasiswa menyelesaikan study ya adalah dengan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun karena adanya pandemi Covid-19 maka seluruh kelompok KKN dari Universitas Riau (UNRI) menfokuskan mahasiswanya untuk menjadi relawan Desa/kelurahan Lawan Covid-19.

KKN yang mulai dilakukan pada Bulan Mei tersebut dengan lebih kurang 15 pertemuan telah selesai dilaksanakan oleh 2 kelompok Mahasiswa KKN yakni kelompok 5 orang yang diketuai oleh Aulia Purnama Ramadhan bersama Winda Khairunnisa, Chintya Appriliani, Maulida Rahmi dan Derisma Wulandari. Serta Kelompok 10 orang yang diketuai oleh Agam Mohammad Maulana, bersama Refianov Hawali Meidy, Dhea Ayu Ramadhani, Vanessa Audina Candra, Amalia Apriliani Putri, Vira Annisa Rosandi, Rahmadani, Nadya Frismadhilla Putri A, Ivana Aulia Rahmadani dan Debora Margaretha Panjaitan.

Kedua kelompok tersebut telah menyelesaikan tugas mereka sebagai relawan satgas Covid-19 di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru. Bersama Para relawan Satgas yang diketuai Susilo para mahasiswa KKN memberikan berbagai edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya Covid-19 serta memberikan pemahaman bagaimana mencegah serta melindungi diri dan keluarga dari bahaya Covid-19.

Perpisahan Mahasiswa KKN UNRI dilaksanakan Sabtu (20/06/2020) di aula kelurahan Simpang Tiga yang dihadiri langsung oleh Camat Bukitraya Wahyu Idris, Lurah Simpng Tiga Muhammad Nasir, Babinkamtibmas Aiptu Mahyudi Siregar, Babinsa AD Koptu Nursyirwan, Babinsa AU Peltu Sutarno,PLKB Sri Rezeki, Ketua Satgas Relawan Covid-19 sekaligus ketua LPM Kelurahan Simpang Tiga Susilo bersama Zulkarnain selaku Koordinator Relawan Covid-19,  Ketua Forum RTRW Supriyadi, Seluruh ketua RT dan RW kelurahan Simpang Tiga dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Simpang Tiga.

Selama lebih kurang sebulan bersama kedua kelompok tersebut telah melakukan banyak hal untuk membantu relawan Covid-19 memberikan pengetahuan dan melakukan pendataan bagi masyarakat Kelurahan Simpang Tiga yang rentan akan sakit.

Lurah Muhammad Nasir mengatakan kepada riausky.com dengan adanya mahasiswa KKN membantu Pemerintah kota Pekanbaru memberikan edukasi yang lebih mendalam kepada masyarakat.

“Dengan adanya mahasiswa KKN yang menjadi Relawan di Posko Satgas Relawan Covid-19 Kelurahan Simpang Tiga, dimana mereka dapat membantu pemerintah Kota Pekanbaru bersama Satgas untuk memberikan edukasi yang lebih terperinci dan memberikan pemahaman tentang bahaya dari Covid-19 sehingga kita harus selalu menjaga kebersihan diri dan keluarga dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan sehat. Untuk itu dari kelurahan Simpang Tiga mengucapkan terima kasih untuk pengabdian seluruh mahasiswa KKN UNRI semoga apa yang telah dilakukan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat sehingga bisa memutus mata rantai Covid-19 dan Masyarakat menuju era New Normal Life. Perpisahan bukan berarti akhir dari hubungan, tetapi awal untuk terus menjalin silahturahmi kedepannya,  kami selalu menyambut Mahasiswa KKN di Kelurahan Simpang Tiga dengan hangat dan tangan terbuka. Sering-sering kunjungi kami walaupun kalian sudah selesai mengabdi disini," ucap Lurah Nasir.

Susilo selaku Ketua Relawan Covid-19 Kelurahan Simpang Tiga juga mengucapkan rasa terimakasihnya “Saya berterimakasih serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim KKN Relawan Desa Lawan Covid- 19 UNRI atas partisipasinya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan kita. Selalu ingat Orang pintar itu banyak, tetapi orang baik yang dicari. Karena orang yang pintar belum tentu memiliki hati yang baik.” pungkas Susilo.

Sementara Camat Bukitraya Wahyu Idris memiliki harapan yang tinggi terhadap mahasiswa “Saya berharap untuk kedepannya mahasiswa dapat menjadi ujung tombak perubahan, karena mahasiswa yang akan melanjutkan kepemimpinan yang akan datang.”

“Kami berterimakasih atas bantuan, bimbingan  serta kerjasama yang baik dari pihak Kecamatan Bukitraya, Kelurahan Simpang, Babinkamtibmas, Babinsa AD dan AU, Satgas Relawan Covid-19, peran aktif seluruh RTRW dan masyarakat Kelurahan Simpang Tiga. Semoga apa yang kami lakukan dan berikan dapat bermanfaat untuk masyarakat Kecamatan Bukitraya, khususnya Kelurahan Simpang Tiga," ujar Agam Mohammad Maulana selaku salah satu Ketua KKN Relawan Desa Lawan Covid- 19 Universitas Riau (UNRI).

"Kedepannya kami berterimakasih dengan ilmu yang langsung kami peroleh dilapangan, sehingga kami dapat menjadikan ilmu tersebut sebagai bekal kami kedepannya dalam masyarakat setelah kami lulus nanti, agar kami bisa lebih siap saat terjun langsung dilingkungan masyarakat," lanjut Aulia Purnama Ramadhan.

Dalam perpisahan tersebut mahasiswa KKN UNRI membagikan New Normal Starter Pack  untuk masyarakat Kelurahan Simpang Tiga yang terdiri dari tissue kering, tissue basah, masker kain, handsanitizer, serta browsur edukasi mengenai New Normal sebanyak 50 pcs. Dan juga Tim KKN membagikan fasilitas untuk cuci tangan yang terdiri dari ember dan handwash serta Face Shield yang akan diserahkan kepada RW yang  berada dikelurahan Simpang Tiga dimana terdiri dari 5 RW.

Tidak lupa mereka juga memberikan Plakat serta kenang-kenangan kepada pihak Kecamatan, Kelurahan, LPM serta Satgas Covid-19 Kelurahan Simpang Tiga. (R05)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS