Bupati Rohul Kunjungi Korban Banjir di Rokan IV Koto, Sekaligus Bagikan Sembako

Rabu,10 Februari 2016 | 08:46:06 WIB
Bupati Rohul Kunjungi Korban Banjir di Rokan IV Koto, Sekaligus Bagikan Sembako
Ket Foto :
PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul mengunjungi korban banjir di Kecamatan Rokan IV Koto.
 
Selain meninjau korban banjir, Bupati Rohul sempatkan diri melihat dapur umum dibangun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul di Pasar Rokan, sekaligus menyalurkan bantuan bahan pokok kepada para korban banjir di kecamatan dikunjungi.
 
Bupati Rohul Achmad mengakui banjir di Rokan IV Koto berangsur surut. Ia menerangkan, masyarakat empat desa yang sempat terisolir sekira 56 jam akibat putusnya Jembatan Sungai Mentawai, juga sudah bisa menyeberang menggunakan sampan atau perahu.
 
Ia mengungkapkan banjir terjadi Kelurahan Rokan, Kecamatan Rokan IV Koto, sempat merendam sekira 830 rumah masyarakat. Namun kini masyarakat sudah kembali beraktivitas.
 
Dalam tinjauannya ini, Bupati Achmad sarankan Kepala Puskesmas Rokan IV Koto melakukan fogging ke lingkungan rumah masyarakat, mengantisipasi sebaran virus Demam Berdarah Dengue atau DBD pasca bencana banjir.
 
"Kalau kurang obat-obatan, koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Rokan Hulu," ujar Bupati Achmad dalam kunjungannya.
 
Orang nomor satu di Rohul ini juga mengimbau seluruh korban banjir segera membersihkan rumah, termasuk pekarangan rumah. Menurutnya, setelah banjir biasanya jentik nyamuk akan berkembang biak di tempat genangan-genangan air.
 
Diakuinya, dari informasi didapatnya, berdasarkan catatan BMKG bahwa sampai awal Maret 2016, Provinsi Riau, termasuk Kabupaten Rohul akan dilanda hujan deras. Ia mengajak masyarakat mewaspadai banjir dadakan.
 
"Waspadai kalau hari hujan di malam hari. Jangan tidur, karena banjir datangnya tidak terduga waktunya," ajaknya.
 
Ia juga mengimbau masyarakat menyelamatkan barang-barang berharga, termasuk menyimpan ke tempat aman surat-surat berharga dan surat penting milik masyarakat, sehingga saat banjir datang, harta benda mereka bisa diselamatkan.
 
"Seperti surat tanah, emas, ijazah, surat administrasi kependudukan harus disatukan. Sehingga mudah diselamatkan saat kejadian genting (banjir bandang)," sampainya.
 
Masyarakat juga diminta menjaga anak-anaknya saat bencana banjir datang, termasuk menyiapkan peralatan urgen bagi anak-anaknya, sehingga tidak panik saat banjir datang.
 
''Untuk Pak Lurah (Rokan) tingkatkan ronda, sehingga saat air mulai naik di tengah malam, informasi sampai ke masyarakat,'' saran Bupati Achmad dan meminta petani bersabar bagi lahan persawahannya terendam banjir.
 
Selain itu, Bupati Achmad juga mengimbau seluruh masyarakat di Rokan IV Koto untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan tidak merambahnya. Apalagi hutan merupakan resapan air hujan, sekaligus menahan tanah tidak longsor.
 
Pada kunjungan itu, Pemkab Rohul melalui Bupati Achmad bagikan sembilan bahan pokok kepada ratusan korban banjir di Rokan IV Koto, seperti beras 5 kilogram (kg), miyak goreng 1 kg, gula 1 kg, ikan kaleng 2 kaleng, dan mie instan. (Advertorial/R19)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS