Aksi Mendebarkan Iin Ayu, Wanita yang Taklukkan King Kobra Sepanjang 4 Meter, Sempatkan Berdoa dan Bawa Obat-obatan

Aksi Mendebarkan Iin Ayu, Wanita yang Taklukkan King Kobra Sepanjang 4 Meter, Sempatkan Berdoa dan Bawa Obat-obatan
Iin saat bermain dengan king kobra yang baru ditangkapnya.

PURWOKERTO (RIAUSKY.COM)-   Iin Ayu sempat berucap akan mengurangi keintiman dengan ular king kobra. Sebab, bermain-main dengan king kobra butuh kecekatan.

Sementara usianya terus bertambah. Kesigapan Iin Ayu pun perlahan memudar.

Namun dalam benak terdalamnya, sulit menjauh dari satwa yang diakrabinya sejak remaja. Hal ini terbukti ketika rekan pecinta kobra datang meminta bantuannya.

Mereka menjumpai king kobra raksasa di area perkebunan warga di Patikraja, Banyumas. Mereka meminta bantuan Iin agar ular king kobra itu dievakuasi dan dijauhkan dari penduduk.

Mendengar ada king kobra berkeliaran di area yang menjadi tempat aktivitas warga, Iin sempat bimbang. Namun untuk kebaikan bersama, baik satwa maupun manusia, Iin bersedia turun gunung.

Pada Senin (29/6), Iin dan empat rekan pecinta king kobra datang ke lokasi. Sebelumnya, Iin memastikan kondisi kesehatan dia sendiri dan timnya.

Ia juga menyiapkan berbagai peralatan mulai dari galah hingga kantong. Ia juga membawa obat-obatan secukupnya.

Sampai di lokasi, tim berpencar untuk mencari sarang king kobra itu. Tak berselang lama, seekor king kobra terciduk di sekitar rumpun bambu.

Setelah memanjatkan doa, Iin dibantu empat orang lainnya menangkap king kobra itu. Ular sepanjang empat meter berhasil ditangkap.

Tak jauh dari lokasi itu, Iin dan timnya menemukan satu ekor lagi king kobra raksasa. Dengan sigap Iin menangkap ular itu.

"Satu panjangnya empat meter, yang satu hampir sama, empat meter kurang sedikit," ujar dia.

Iin menduga, kedua ular itu merupakan dua sejoli yang hendak memadu kasih. Sebab, keduanya berjenis kelamin jantan dan betina.

Di samping itu, bulan-bulan ini merupakan musim kawin. Pada musim kawin, ular biasanya keluar untuk mencari pasangan.

Setelah ditangkap, ular itu dikarantina di kandang. Setelah melalui proses relaksasi, rencananya kedua ular itu akan dilepas ke alam liar.

Iin tidak langsung melepas ular itu karena setelah ditangkap, biasanya ular akan stres. Di kandang, Iin memulihkan kondisi ular hingga kembali normal.

"Kalau baru ditangkap biasanya tidak mau makan, nanti setelah mau makan dan minum baru dirilis," tutur dia.

Kedua king kobra itu akan dilepas di lokasi lain yang jauh dari aktivitas manusia. Namun Iin merahasiakan lokasi pelepasan ular itu.

Jika ada yang tahu, ia khawatir ular-ular itu akan diburu. Ia tak sampai hati kebebasan satwa kesayangannya direnggut. Bagaimanapun, king kobra bagian dari keseimbangan alam yang harus dilestarikan.(R04)

Sumber Berita: liputan6.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index