Miris! Tak Punya KTP dan KK, Sudah 3 Tahun Pemuda Ini Terpaksa Tinggal di Kandang Bersama 6 Ekor Kambing

Miris! Tak Punya KTP dan KK, Sudah 3 Tahun Pemuda Ini Terpaksa Tinggal di Kandang Bersama 6 Ekor Kambing
Sana (38) tinggal bersama 6 kambing di Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Pandeglang. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

RIAUSKY.COM - Sungguh memilukan, tak punya KTP dan KK, pria ini terpaksa tinggal di kandang kambing milik tetangganya.

Ini yang dirasakan oleh seorang pria di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten, bahkan dia kabarnya belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

Pemuda bernama pria bernama Sana (38) tinggal di Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Pandeglang. 

Dia diketahui sudah tiga tahun tinggal bersama enam ekor kambing.

Sana sebenarnya memiliki rumah yang berada tak jauh dari lokasi kandang kambing. Namun sejak orang tua dan neneknya meninggal dunia, rumah tersebut tidak terurus.

Rumah mulai rusak dan nyaris rubuh. Sana akhirnya memilih untuk tinggal bersama kambing-kambing tersebut. Dia dipercaya menjaga dan memelihara kambing milik tetangganya. 

Dari sanalah dia mendapatkan upah untuk kelangsungan hidupnya. Sana tak memiliki KTP dan KK, akibatnya banyak bantuan pemerintah yang tak diterimanya.

"Saya sudah tiga tahun di sini. Kambing inikan punya tetangga," ujar Sana.

Dia mengaku rumah peninggalan neneknya sudah tak layak huni. Atapnya banyak yang bocor, bahkan dinding dari pagar bambu pun sudah berlubang.

"Di sana bocor semua. Saya enggak ada biaya buat benerin," katanya.

Camat Jiput, Suntama yang mengetahui informasi tersebut langsung menuju rumah sana. Dia menyesalkan tak ada laporan soal nasib Sana kepada pihak kecamatan.

"Kalau kami tahu, entah itu dari RT/RW atau kepala desa terutama, kami cek dulu pasti sudah dapat bantuan pangan. Pas kami tahu dari bu kades langsung kami turun," kata Suntama.

Rencananya kecamatan akan memberikan bantuan kepada Sana agar tidak lagi tinggal bersama kambing-kambing tersebut. (R02)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index