Waduh! Sunardi Kaget, Uang Simpanan Rp 4 Juta, Habis Dimakan Rayap, Begini Penampakannya

Waduh! Sunardi Kaget, Uang Simpanan Rp 4 Juta, Habis Dimakan Rayap, Begini Penampakannya
Uang Dimakan Rayap milik Sunardi Warga Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkidul (Dokumentasi Keluarga)

RIAUSKY.COM - Apa jadinya jika uang tabungan yang ada simpan tiba-tiba saja dimakan sesuatu yang membuatnya tak berharga dan tak bisa dipakai.

Ini pula yang dialami Sunardi (61), uang senilai Rp 4 juta milik warga Kelurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkudul, Yogyakarta, rusak karena dimakan rayap.

Anehnya lagi, uang tersebut disimpan Sunardi di rumah lama yang tidak dihuni lagi.

Cerita uang rusak yang dimakan rayap tersebut diceritakan Andri Purwanto, anak kandung Sunardi, di media sosial.

Peristiwa tersebut berawal saat Sunardi ingin membeli bahan bangunan. Ia berencana untuk membangun halaman rumahnya.

Saat itu Sunardi mengambil uang miliknya yang disimpan di dalam tak plastik hitam. Namun, ternyata uang tersebut rusak dimakan rayap.

Uang sebanyak 40 lembar uang Rp 100.00 tersebut sudah tak bisa digunakan.

"Saat dibuka uangnya sudah habis dimakan rayap, total ada 40 lembar uang Rp 100.000," ucap Andri seperti dilansir Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Padahal, rencananya dia akan  menukarkan uang tersebut ke salah satu bank di Kota Yogyakarta. Namun, pelayanan penukaran uang tersebut sedang tutup karena pandemi.

Oleh Andri, uang yang rusak tersebut disimpan dan akan ditukarkan jika layanan sudah mulai dibuka.

"Kemarin itu langsung ke Yogya, tetapi belum sampai masuk sudah diberitahu oleh satpam jika layanan penukaran uang sedang tutup," kata dia.

Diketahui kalau Sunardi adalah seorang petani. Ia tinggal di rumah anak keduanya yang berjarak lebih kurang 500 meter dari rumahnya sendiri yang kosong. DI rumah yang kosong tersebut, Sunardi menyimpan uangnya.

Kejadian lupa menyimpan uang tersebut bukan pertama kali terjadi pada Sunardi.

Beberapa bulan yang lalu, Sunardi pernah meletakkan uang di dalam saku baju. Lalu, baju tersebut digunakan untuk membuat patung memedi sawah guna menakuti burung.

Beruntung, meski tersimpan beberapa hari di dalam saku, uang tersebut masih ada.

Tak hanya itu, Sunardi juga pernah menyimpan uang sekitar Rp 2,5 juga selama beberapa tahun hingga uangnya kedaluwarsa dan sudah tidak berlaku lagi.

"Beberapa tahun lalu ayah saya menyimpan uang sekitar Rp 2,5 juta sampai kedaluwarsa, dan uang itu sudah tidak berlaku lagi," ucap Andri.

Andri berencana membawa ayahnya ke bank untuk menyimpan uang agar tidak ada lagi kejadian serupa.

Cerita Sunardi yang lupa menyimpan uang hingga rusak dimakan rayap viral di media sosial dan salah satunya diunggah di Instagram Radar Gunungkidul. (R02)

Sumber: KOMPAS.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index