Siapa yang Akan Pertama Sekali Disuntik Covid-19, Ini Penjelasan Menteri Kesehatan Terawan

Siapa yang Akan Pertama Sekali Disuntik Covid-19, Ini Penjelasan Menteri Kesehatan Terawan
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. /Sumber Foto: tribunnews.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemerintah sedang berusaha segera mungkin untuk mendatangkan vaksin Covid-19 dan memulai program vaksinasi. Lantas siapa orang pertama yang akan disuntikkan vaksin?

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan prioritas vaksin akan diberikan kepada garda terdepan yaitu seluruh tenaga medis dan seluruh masyarakat yang bekerja pada fasilitas medis.

"Berikutnya akan diberikan kepada masyarakat dengan kategori high risk, yaitu pekerja pada usia 18-59 tahun," ujar Terawan seperti dikutip dari situs Kemenkominves, Kamis (1/10/2020).

Hingga saat ini, menurut Menkes Terawan,  kebutuhan vaksinasi mencapai 320 juta dosis. Penyediaan vaksin ini dilakukan bersama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN, Kepala BOPM, serta Kepala BNPB.

Dijelaskan oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, saat ini kapasitas penyimpanan vaksin yang dimiliki oleh BUMN mencapai 123 juta vaksin. Oleh karena itu, sedang dilakukan kerja sama antar lembaga BUMN, khususnya oleh Bio Farma dan Kimia Farma sebagai produsen obat, dalam pengadaan Cold Chain Equipment Inventory hingga memuat 300 juta vaksin.

Pengadaan Cold Chain disiapkan untuk datangnya vaksin dari berbagai negara yang telah membantu Indonesia dalam pengadaan vaksin tersebut.

Informasi saja, saat ini Indonesia sudah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin dari Sinovac Biotech dan G42 dari Abu Dhabi. Pemerintah juga gencar mendekati dan menjajaki kerja sama dengan perusahaan vaksin lainnya.(R03)


Sumber Berita: cnbcindonesia.com
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index