Usai Diresmikan Bupati H.Sukiman, Pemkab Rohul akan Tata Destinasi Wisata Danau Conga

Senin, 21 September 2020 | 15:35:15 WIB
Usai Diresmikan Bupati H.Sukiman, Pemkab Rohul akan Tata Destinasi Wisata Danau Conga
Ket Foto :

RAMBAH (RIAUSKY.COM) - Kawasan Destinasi Wisata Danau Conga (Nama sejenis Kayu,_ Red ) yang terletak di Dusun Teluk Riti, Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan dirancang dan dilakukan penataan menjadi objek wisata yang potensial, dengan harapan memberikan nuansa dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harapan itu disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman saat meresmikan Destinasi Wisata Danau Conga dan Pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dengan tetap mematuhi Protokol Covid-19, di Dusun Teluk Riti, Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah Hilir, Sabtu (19/9/2020).

Dikegiatan itu, Tampak juga dihadiri Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Rohul H. Syofwan S.Sos, Kadis Perkim Rohul Heri Islami ST MT, Camat Rambah Hilir Adi Irawan SSTP, Kapolsek Rambah Hilir, Forkompincam dan tokoh masyarakat Teluk Riti.

Dikatakan Bupati H. Sukiman, Destinasi Wisata Danau Conga merupakan modal dasar dan aset berharga yang perlu dikembangkan dan dilakukan penataan. Ia meminta kepada Kepala Desa dan masyarakat untuk menyiapkan lahan seluas 2 hektar untuk pengembanagan wisata Danau Conga tersebut.

“Destinasi Wisata Danau Conga ini sangat potensial dan memiliki prospek yang bagus untuk menambah referensi pariwisata di Rohul. Kami minta masyarakat menyiapkan lahan minimal 2 hektar, Pohon yang besar tidak boleh ditebang, nanti kolaborasi Dinas PUPR, Perkim dan Dinas Pariwisata, Kominfo,

“Harus melaksanakan perintah seperti apa yang saya sampaikan untuk menata Wisata Danau Conga ini. Mari bersama-sama kita tata, sesuai dengan bidangnya masing-masing kemudian buat perencanaan yang bagus, kemudian laporkan lagi kepada saya, nanti kita tindaklanjuti untuk kita anggarkan,” tegas Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini menegaskan jika dilakukan dengan semangat kebersamaan untuk membenanahi dan menata objek wisata ini bukan tidak mungkin Wisata Danau Conga ini menjadi tujuan para wisatawan, yang bisa berdampak perekonomian masyarakat sekitar.

“Tadi kita telah meresmikan Destinasi Wisata Danau Conga dan mengukuhkan Pokdarwis diharapkan dapat mengorganisir pemuda-pemuda untuk mempromosi wisata ini, dengan adanya Pokdarwis ini anak-anak ini diajak mau bertanggungjawab untuk mengembangkan SDA potensial yang kita miliki ini,” ujarnya

Lanjut Sukiman, Destinasi Wisata Danau Conga ini sebenarnya sudah lama tapi belum tertata dan terpelihara dengan baik, mulai hari ini Ia bersama Dinas terkait akan merencanakan dan melakukan penataan tempat wisata Danau Conga.

Karena wisata ini multifungsi, selain untuk wisata juga bisa untuk pemancingan, Budidaya Perikanan dan Sumber air Pamsimas. Namun demikian harus direncanakan dengan matang untuk pengembangan dan penataan objek wisata Danau Conga ini.

“Diawal tadi sudah saya sampaikan warga harus menyiapkan lahan 2 hektar, sekeliling danau ini bisa ditanamin pohon pelindung, sehingga menjadi wisata yang indah. Selain itu karena danau ini juga air bersih bisa dimanfaatkan untuk minum, telah kita salurkan melalui Pamsimas, hari ini sudah kita mulai nanti kita buka, agar air yang bersih ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kita yang selama ini kesulitan air bersih,” kata Sukiman

"Kawasan Destinasi Wisata Danau Conga ini akan ditata dan dibenahi karena mempunyai banyak potensi kepariwisataan yang dapat dikembangkan untuk menunjang perekonomian Desa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam mendukung destinasi pariwisata di Rohul. Ia menyampaikan semua potensi di Rohul akan dipromosikan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Rohul berjuluk “Negeri Seribu Suluk”.

Dengan dikukuhnya Pokdarwis Rambah Hilir Tengah, Bupati H. Sukiman berharap Pokdarwis ini nantinya bisa sebagai penggerak dan mempromosi Objek Wisata Danau Conga ini. Ia menginginkan Pokdarwis ini menjadi wadah yang melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan objek wisata diera digital saat ini.

"Dengan dikukuhnya Pokdarwis ini, kami berharap selalu melahirkan inovasi baru dalam menumbuh kembangkan kepariwisataan dan menjadi motor penggerak dalam penyebarluasan informasi kepariwisatan kususnya di Destinasi Wisata Danau Conga ini,” harap Sukiman

Sementara itu, Tokoh Pemuda Dusun Teluk Riti Tengku Raden Subakti dalam sambutannya berharap kepada Bupati Rohul H. Sukiman untuk memperhatikan dan mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Danau Conga ini.

“Kami sebagai warga hanya ini yang bisa kami lakukan untuk menggali potensi desa dan memberdayakan yang ada, nanti akan kami coba melalui Pokdarwis ini untuk mengembangkan dan mempromosikan Destinasi Wisata Danau Conga ini baik melaui Media Massa maupun Media Sosial,” ujarnya.

Dilokasi Destinasi Objek Wisata Danau Conga, Bupati H. Sukiman bersama Kepala OPD juga menebar 10 ribu benih Ikan Nila dan Emas serta menanam Pohon Lindung untuk penghijauan diarea Destinasi Wisata Danau Conga. (R19/Advertorial Pemkab Rokan Hulu)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS