Selisih 16 Menit, Gempa M5,8 dan M5,7 Guncang Mentawai, Ini Penjelasan BMKG Yang Perlu Diketahui...

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:48:35 WIB
Selisih  16 Menit, Gempa M5,8 dan M5,7 Guncang Mentawai, Ini Penjelasan BMKG Yang Perlu Diketahui...
Ket Foto : Pengumuman Gempa oleh BMKG./ Sumber Foto: tribunnews.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Dalam hitungan waktu 16 menit, dua gempa tektonik bermagnitudo M 5,8 dan M 5,7, mengguncang wilayah Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, tetapi tidak berpotensi tsunami. 
Berdasarkan keterangan tertulis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pada Senin (19/10/2020), tepatnya pukul 14.31 WIB dan pukul 14.47 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,6 dan M 5,7. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc menyampaikan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.36 LS - 100.29 BT dan 3.31 LS - 100.40 BT. 
Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak sekitar 33 kilometer arah barat Daya Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 13 kilometer dan 17 kilometer. 

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai. 
"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik  thrust  fault," kata dia. 

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, getaran kedua gempa bumi ini dirasakan di berbagai wilayah dengan skala intensitas yang bervariasi.(R04)    

Sumber Berita: kompas.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS