Ketua MPR Minta Prioritas Vaksinasi Covid-19 di Pulau Jawa, Kenapa Begitu, Ini Alasannya...

Ketua MPR Minta Prioritas Vaksinasi Covid-19 di Pulau Jawa, Kenapa Begitu, Ini Alasannya...
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo./Sumber Foto: kompas.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai vaksinasi Covid-19 patut diprioritaskan di Pulau Jawa karena merupakan pusat pertumbuhan ekonomi nasional dengan persentase kasus Covid-19 terbesar.

"Data Covid-19 di dalam negeri sudah sangat jelas menunjukan bahwa pulau Jawa menjadi episentrum penularan. Karenanya, prioritas vaksinasi di Jawa memiliki alasan yang kuat.  Terlebih, jika dikaitkan dengan program pemulihan ekonomi," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Ia menuturkan, berdasarkan data terkini lebih dari 60 persen kasus Covid-19 tercatat di Jawa. Banyak klaster baru Covid-19 bermunculan di daerah industri dan pusat-pusat kegiatan bisnis baik di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. 

Menurut Bambang, vaksinasi Covid-19 di Pulau Jawa patut diprioritaskan lantaran kontribusi ekonomi Pulau Jawa terhadap produk domestik bruto nasional mencapai 59 persen.

Adapun pada 2019, pertumbuhan ekonomi Jawa sebesar 5,52 persen dengan kontributor utamanya adalah Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Ia mengatakan, kehadiran vaksin Covid-19 harus mampu menumbuhkan harapan dan mewujudkan kepastian baru, sebab berbagai upaya telah ditempuh untuk mengendalikan penularan Covid-19 dan belum berhasil.

Hingga kini jumlah kasus Covid-19 terus bertambah. Karena itu menurut Bambang satu-satunya andalan dan harapan untuk memutus rantai penularan kini ada pada vaksin Covid-19.

"Idealnya, vaksinasi tidak sekadar mewujudkan kekebalan kelompok. Akan sangat produktif jika vaksinasi Corona juga bisa menjadi faktor pendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional," tutur dia.

"Karena itu, saya mendorong Menteri Kesehatan juga berkoordinasi dengan Ketua Satuan Tugas Pemulihan ekonomi Nasional," ucap politisi Partai Golkar itu.(R04)

Sumber Berita: Kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index