Kabar Gembira, Menko Airlangga Sebut Ekonomi RI Mulai Pulih di Kuartal III-2020

Kabar Gembira, Menko Airlangga Sebut Ekonomi RI Mulai Pulih di Kuartal III-2020
Airlangga Hartarto

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa perlambatan terdalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah terjadi di kuartal II-2020. Maka, di kuartal III dan kuartal IV-2020 perekonomian domestik diyakini akan memasuki tahap pemulihan.

"Saya memperkirakan pertumbuhan ekonomi domestik di kuartal III-2020 akan tumbuh di kisaran -3 persen hingga 0 persen," ungkapnya pada webinar, Sabtu (24/10) sebagaimana dilansir dari merdeka.com.

Airlangga juga memperkirakan perekonomian di kuartal III masih terkontraksi, namun proyeksinya jauh lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 yang sebesar -5,3 persen.

"Sudah ada 215 negara banyak yang mengalami resesi, lalu bagaimana Indonesia? Kita lihat Indonesia sudah masuk dasar perlambatan di kuartal II. Kenapa ? kita berharap di kuartal III lebih baik ya mungkin dari -3 sampai 0 persen,” katanya.

Sementara itu, laju pemulihan perekonomian sudah terlihat dengan berbagai indikator seperti realisasi pertumbuhan investasi yang naik sebesar 1,7 persen secara tahunan atau Rp616,6 triliun periode Januari-September 2020, dan juga kinerja ekspor-impor yang secara kumulatif tahun berjalan masih mencetak surplus.

Pada September 2020, neraca perdagangan Indonesia sudah mencetak surplus USD 2,44 miliar. Namun Airlangga mengakui terdapat kendala terkait tertahannya permintaan (demand) masyarakat, yang menyebabkan masih melambatnya konsumsi masyarakat. Padahal pengeluaran konsumsi domestik memegang peranan hingga 59 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.(R04)

Sumber Berita: merdeka.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index