Gempa Magnitudo 7.0 Guncang Turki, 4 Orang Meninggal Dunia, Ratusan Luka-luka

Gempa Magnitudo 7.0 Guncang Turki, 4 Orang Meninggal Dunia, Ratusan Luka-luka
Gempa Magnitudo 7,0 hari ini menyebabkan kerusakan parah di Turki.


ISTAMBUL (RIAUSKY.COM)-  Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,0 melanda Laut Aegea. 4 Orang dilaporkan meninggal dunia, sementara ratusan luka-luka

Gempa tersebut dirasakan di bagian Turki barat dan menghancurkan bangunan di kota pesisir sana.

Dilansir dari CNN, Jumat (30/10/2020), orang-orang di kota Izmir, Turki, berkumpul di jalan-jalan setelah menyelamatkan diri dari gedung. Setidaknya ada 20 bangunan hancur di Izmir.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu lewat Twitter mengatakan gempa juga menghancurkan bangunan di Bornova dan Bayrakli.

"Tim kami melanjutkan sejumlah tindakan di lapangan," kata dia.

Tak ada laporan langsung terkait korban jiwa di kota-kota yang terkena dampak.

USGS melaporkan gempa tersebut melanda 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Somos, Yunani.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal yaitu 10 kilometer sehingga dampaknya sangat kuat dirasakan di permukaan tanah.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas di Twitter, ketika orang-orang di dalam dan sekitar kota Izmir Turki berkumpul di jalan-jalan setelah melarikan diri dari gedung mereka untuk mencari keselamatan. 

Setidaknya 20 bangunan hancur di Izmir akibat gempa, kata walikota kota itu kepada CNN Turk.

Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca menyebut dalam twitternya sebanyak empat orang tewas di Izmir dan 120 lainnya luka-luka. Dia mengatakan 38 ambulans, dua helikopter ambulans dan 35 tim penyelamat medis tengah bekerja di wilayah Izmir.

Dari informasi yang diperoleh, korban akibat gempa magnitudo (M) 7 di Turki hingga Yunani terus bertambah. Hingga kini sudah ada 4 orang meninggal dunia dan 120 orang luka-luka akibat gempa tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (30/10/2020), gempa terjadi di antara Pantai Turki dan Pulau Samos di Yunani. Gempa tersebut hingga saat ini menewaskan 4 orang dan melukai ratusan orang.

Institut Geodinamik Yunani menyebut pusat gempa ada di laut, berjarak 19 km dari Pulau Samos. Kedalamannya 2 km.

Foto yang beredar menunjukkan gereja besar di Pulau Samos runtuh. Gempa juga terasa di ibu kota Yunani, Athena.

Lewat Twitter, Presiden Turki Turki Reccep Tayyip Erdogan berharap kondisi segera pulih.

"Semoga lekas pulih ?zmir," ujar Erdogan.

"Dengan semua sarana negara kami, kami berada di warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri yang relevan," kata Erdogan.(R03)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index