Dalam 5 Tahun, LAZNas Chevron Bantu 45 Lokasi Sarana Air Bersih untuk Masyarakat Riau

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 22:17:29 WIB
Dalam 5 Tahun, LAZNas Chevron Bantu 45 Lokasi Sarana Air Bersih untuk Masyarakat Riau
Ket Foto : Direktur Utama LAZnas Chevron Indonesia, Agus Saepul Dahlan dalam acara peresmian sarana air bersih LAZnas Chevron Indonesia secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tepat lima tahun program sarana air bersih yang digagas Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZnas) Chevron Indonesia telah memenuhi kebutuhan masyarakat Riau dalam pengadaan air bersih, sejauh ini mereka telah menyalurkan 45 titik sarana air bersih.

"Dalam program air bersih ini LAZNas Chevron Indonesia bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga pemberdayaan dan kampus. Sementara itu donatur program air bersih ini terdiri dari individu dan komunitas," kata Direktur Utama LAZnas Chevron Indonesia, Agus Saepul Dahlan dalam acara peresmian sarana air bersih LAZnas Chevron Indonesia secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

Agus menjelaskan, LAZNas Chevron  Indonesia adalah Lembaga Sosial kemanusiaan dengan badan hukum yayasan yang diinisiasi dan dikelola oleh karyawan Muslim PT Chevron Indonesia untuk menghimpun, mengelola dan mendistribusikan dana Zakat, Infak, Shodaqoh, Wakaf (ZISWAF) dan dana  sosial lainnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam perjalanan lima tahun program air bersih, lanjut Agus, LAZnas Chevron Indonesia melakukan serah sarana air bersih ke-1 yang diberikan kepada masyarakat Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir pada 31 Oktober 2015 lalu.

Hingga pada Oktober 2020, sebut Agus, LAZnas Chevron Indonesia bersama para donator telah membangun 45 titik sarana air bersih yang dimanfaatkan oleh lebih dari 1.100 KK atau lebih dari 5.000 jiwa yang tersebar di Kota Pekanbaru yakni Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Lima Puluh dan Tenayan Raya, serta Kabupaten Siak yakni Minas Barat, Minas Jaya.

"Sedangkan di wilayah/Area Selatan (North Area) yaitu di Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, LAZNas  Chevron Indonesia juga telah membangun 11 titik sarana air bersih," terangnya.

Agus menambahkan, setiap sarana air bersih dikelola oleh Organisasi Kelompok Masyarakat penerima manfaat. Hingga Oktober 2020 ini, sebutnya semua sarana air bersih masih berfungsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat bahkan kelompok pengelola.

Selain itu, sarana air bersih juga memiliki saldo dana yang bisa digunakan untuk keperluan sosial di organisasi kelompoknya.

Agus melanjutkan, selama 5 tahun pula LAZnas Chevron Indonesia ikut dalam membangun Riau untuk mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Developmnet Goals (SDGs).

"Semoga LAZNas Chevron Indonesia dan semua stakeholder bisa terus berkolaborasi untuk membangun Riau supaya lebih baik," harapnya.(mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS