Pemko Minta Tenaga Honor dan Guru Komite SMA Diakomodir Pemprov Riau

Pemko Minta Tenaga Honor dan Guru Komite SMA Diakomodir Pemprov Riau
M Moer

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam masa transisi pelimpahan kewenangan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Pemko meminta guru honor dan guru komite yang ada di sekolah SMA/SMK se-derajat menjadi perhatian oleh Pemprov. 

 
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, HM Noer MBs kepada riausky.com diruang kerjanya, Senin (22/02).
 
Sebelumnya, Pemko Pekanbaru menggelar rapat dengan beberapa SKPD yang akan dilimpahkan wewenangnya ke Pemprov Riau. Tidak itu saja ada juga beberapa bagian SKPD Pemprov yang akan dilimpahkan ke Pemko.
 
"Pelimpahan wewenang dari Pemko ke Pemprov tidak hanya saja SMA/SMK melainkan juga ada tenaga Disnaker Pemko dalam bidang Pengawasan Kerja, Bagian kehutanan Pemko dan para penyuluh Keluarga Berencana (KB). Sebaliknya, Pemprov juga melimpahkan wewenang ke Pemko dalam tenaga meterologi," paparnya.
 
Namun persoalan mencolok justru dalam pelimpahan wewenang SMA dan SMK. Pasalnya masalah kenaikan pangkat PNS dan tenaga honor serta guru komite belum jelas solusi bagaimana kedepannya setelah dilimpahkan ke Pemprov. 
 
"Kalau tenaga Disnaker dan penyuluh KB jumlahnya tidak banyak. Sementara guru non PNS jumlahnya sekitar 1.900-an orang," sambungnya.  
 
Diakuinya, memang dalam surat pelimpahan wewenang dari pusat yang dipindahkan wewenangnya hanya untuk guru PNS. Oleh sebab itu Pemko Pekanbaru memintah Pemprov Riau juga mengakomodir nasib guru non PNS.
 
"Kalau bisa guru non PNS juga diangkat dan diakomodir Pemprov. Jadi selain aset sekolah dan Guru PNS, guru non PNS yang bekerja di SMA/SMK sederajat di kota Pekanbaru juga ikut diakomodir Pemprov," pintanya. 
 
Sekedar informasi alih kelola ini rencananya akan diterapkan pada Oktober 2016 mendatang. Sementara menjelang penerapan saat ini tengah berlangsung proses transisi. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index