Beredar Isu Reshuffle Kabinet, Nama Risma, Sandiaga, Budi Gunadi Masuk Bursa, Benarkah?

Beredar Isu Reshuffle Kabinet, Nama Risma, Sandiaga, Budi Gunadi  Masuk Bursa, Benarkah?
Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Jokowi di awal kepemimpinannya periode kedua.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Presiden Joko Widodo (Jokow) dikabarkan akan segera melakukan perombakan kabinet (reshuffle). Para calon menteri bahkan sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejak beberapa hari lalu.

Reshuffle menjadi kebutuhan mendesak. Jokowi disebut telah melakukan evaluasi dalam beberapa bulan terakhir terhadap kinerja para menterinya, terutama dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sumber CNBC Indonesia mengatakan, ada sejumlah nama besar yang akan diganti dari posisinya saat ini. Salah satunya, adalah Terawan Agus Putranto yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Kinerja Terawan Agus Putranto memang kerap kali dipertanyakan oleh sejumlah pihak. Terawan bahkan sempat 'menghilang' karena tak pernah muncul di hadapan publk untuk menginformasikan perkembangan Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Terawan dalam memimpin Kementerian Kesehatan.

Kebetulan sejak Juli lalu, Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Kemudian, Sandiaga Salahuddin Uno yang disebut-sebut akan menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, ada pula nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dikabarkan menjadi Menteri Sosial. Risma disebut akan mengisi kekosongan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang sebelumnya dipegang Juliari Batubara.

Sementara itu, Muhammad Lutfi juga disebutkan bakal mengisi pos Menteri Perdagangan. Eks Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menjadi kandidat terkuat menggantikan Agus Suparmanto.

Kemudian, ada nama Yahya Cholil Staquf, yang merupakan Katim Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Yahya Cholil dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi.

Terakhir, ada nama Wahyu Sakti Trenggono yang kabarnya akan ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan, akan menggantikan Edhy Prabowo.(R04)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index