Hari Ini Kampar Mulai Vaksinasi Covid-19

Hari Ini Kampar Mulai Vaksinasi Covid-19
Sekda Kampar Yusri dan Kadiskes Dedy Sambudi berdiskusi saat meninjau pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan hari ini.

BANGKINANG (RIAUSKY.COM)- Hari ini, Kabupaten Kampar akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 perdana.

Rencananya vaksinasi perdana ini akan dilaksanakan di Puskesmas Kuok dan akan ada sejumlah pejabat pemerintah, tokoh amsyarakat dan tokoh agama yang akan menjadi penerima vaksin penangkal Covid-19 ini. 

“Yang akan disuntik vaksin Covid-19 di Kabupaten Kampar pertama kali ada Bupati, Pejabat pemda Kampar, Forkopimda, disusul tenaga kesehatan (nakes)” ucap Yusri selepas pelaksanaan simulasi pelaksanaan vaksinasi, Kamis (14/1/2021) lalu.

''Simulasi ini digelar sebagai persiapan  dalam tahapan pelaksanaan pemberian Vaksin Covid-19 agar terlaksana dengan lancar dan aman,'' imbuh dia.

DIjelaskan Yusri, pihaknya sudah membuat  pola dengan harapan dalam pelaksanaan vaksinasi perdana  bisa berjalan  dengan lancar, tidak membuat antrian atau tumpukan di dalam gedung dan pemberian vaksin bisa berjalan secara cepat dan tepat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kampar Dedy Sambudi menjelaskan bahwa dalam tahapan simulasi ini ada empat tahapan yakni dimulai dari pendaftaran, skrinning (cek kesehatan), penyuntikan vaksin dan pencatatan laporan.

“Dalam simulasi tersebut ada beberapa tahapan yakni dimulainya dari tetap melaksanakan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu badan kemudian pendaftaran vaksinasi, screening yang meliputi riwayat penyakit peserta vaksinasi kemudian penyuntikan vaksin covid-19 dan yang terakhir pencatatan laporan data observasi untuk melihat reaksi peserta setelah penyuntinkan vaksin” jelas Dedy.

Lanjutnya Dedy menyampaikan setelah menjalani penyuntikan vaksin pertama, peserta vaksin kemudian kembali menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 yang kedua kalinya selang 14 hari penyuntikan pertama.

Sebelumnya bahwa pemerintah pusat menyebutkan untuk pemberian Vaksin akan di utamakan para tenaga kesehatan, mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam menangani Virus Covid-19, sehingga menjadi prioritas awal dalam vaksinasi.(zar) 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index