Ibadah Haji Tahun 2021, Yakut: Sepenuhnya Menjadi Kewenangan Pemerintah Arab Saudi

Senin, 18 Januari 2021 | 18:26:32 WIB
Ibadah Haji Tahun 2021, Yakut:  Sepenuhnya Menjadi Kewenangan Pemerintah Arab Saudi
Ket Foto : Ilustrasi ibadah haji

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut mengatakan, kepastian penyelenggaraan haji tahun 2021 bergantung pada pemerintah Arab Saudi. 

"Kepastian tentang ada atau tidaknya penyelenggara ibadah haji 2021 sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi," kata Yaqut dalam rapat Komisi VIII DPR, Senin (18/1/2021). 

Yaqut mengatakan, dalam memastikan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021, pihaknya telah melakukan beberapa upaya di antaranya bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, berkoordinasi dengan otoritas terkait di Arab Saudi, dan melayangkan surat ke Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. 

"Dari koordinasi tersebut informasi sementara bahwa sampai saat ini kepastian adanya ibadah haji pada tahun 2021 belum diperoleh," ujarnya. 

Lebih lanjut, Yaqut mengatakan, pemerintah memiliki tiga opsi dalam pelaksanaan haji 2021 yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak mengirimkan jemaah. 

Saat ini, kata dia, pemerintah mempertahankan opsi kuota penuh. 

"Meski sangat tergantung Pemerintah Arab Saudi, kita semua berharap wabah ini segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 berjalan normal seperti tahun sebelumnya," pungkasnya.(R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS