Superfood yang Baik untuk Kesehatan

Superfood yang Baik untuk Kesehatan

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa mendukung kesehatan tubuh. Agar Anda bisa merasakan beragam manfaatnya, ketahui apa saja daftar makanan yang termasuk superfood.

Istilah “superfood” digunakan untuk makanan sehat yang unggul dalam salah satu atau beberapa nutrisi. Kelompok makanan ini sangat baik bagi kesehatan, dan beberapa bahkan terbukti dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kronis. Oleh karena itu, superfood sangat dianjurkan untuk disertakan dalam menu makanan sehari-hari.
Daftar Pilihan Superfood yang Baik untuk Kesehatan
Superfood saja sebenarnya tidak bisa langsung mencukupi semua kebutuhan nutrisi tubuh, karena memang tidak ada satu pun makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Meski begitu, superfood mengandung beberapa nutrisi penting dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut ini adalah makanan yang termasuk superfood:

1. Sayuran berdaun hijau gelap
Tak usah diragukan lagi bahwa sayuran berdaun hijau gelap, seperti kale, sawi, pokcoy, dan bayam, termasuk dalam makanan padat nutrisi atau superfood yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi-nutrisi di dalamnya, seperti kalsium, zinc, zat besi, folat, vitamin C, serat, dan berbagai senyawa antioksidan, mampu melindungi tubuh dari macam-macam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa jenis kanker.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang juga kaya akan nutrisi lain, seperti vitamin A dan B, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor. Telur juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata.

Sebagian orang menganggap telur bukan makanan sehat, terutama untuk jantung, karena kabarnya makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Padahal, penelitian terbaru justru membuktikan bahwa konsumsi 1 telur per hari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Ikan
Ikan juga termasuk ke dalam superfood karena kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak. Jenis ikan dengan omega-3 tertinggi adalah salmon, tuna, makarel, herring, dan sarden.

4. Alpukat
Alpukat merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain karena kandungan nutrisinya, makanan ini masuk ke dalam superfood karena diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik, dan jenis kanker tertentu.

5. Kacang dan biji-bijian
Segenggam kacang almond, pecan, pistachio, kenari, mete, atau biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia, bisa Anda jadikan camilan sehat. Meski ukurannya kecil, golongan superfood ini kaya akan serat, protein, lemak sehat, dan antioksidan yang diketahui mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes.

6. Legum
Legum atau kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang polong, atau kacang tanah, juga bisa dianggap sebagai superfood karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Legum kaya akan protein, mineral, vitamin B, dan serat yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan menjaga berat badan yang sehat.

7. Ubi
Ubi kaya akan kalium, serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Meski memiliki rasa yang manis, ubi diketahui dapat mengontrol gula darah, bahkan pada penderita diabetes tipe 2, sehingga cocok dijadikan sumber karbohidrat yang sehat.

8. Yogurt
Pilihan superfood selanjutnya adalah yogurt. Makanan sehat ini merupakan sumber kalisum, protein, dan probiotik yang baik. Pilihlah yogurt yang tanpa rasa untuk menghindari asupan gula berlebih. Anda bisa menambahkan buah untuk meningkatkan cita rasa yogurt dan asupan nutrisi Anda.

9. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah superfood yang ideal untuk menggantikan mentega atau margarin. Minyak ini adalah minyak alami dengan kandungan asam lemak tak jenuh, senyawa polifenol, dan vitamin E yang tinggi. Semua nutrisi tersebut baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

10. Jahe
Berkat kandungan antioksidan unik bernama gingerol di dalamnya, jahe menjadi salah satu superfood dengan berbagai macam khasiat. Jahe diketahui dapat membantu mengatasi mual, mengurangi peradangan, serta melindungi tubuh dari risiko terjadinya demensia, penyakit jantung, dan kanker.

Berbagai pilihan superfood di atas memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, tetap pastikan pilihan Anda tidak terbatas pada superfood saja. Variasikan menu makanan Anda dengan makanan sehat lainnya yang bergizi seimbang, agar asupan nutrisi Anda lengkap.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran mengenai menu makanan dan porsi makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.(R04)
Sumber : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index