Sandiaga Ajak Animator Rangkul Pengrajin Lokal untuk Bangkit Bersama

Sandiaga Ajak Animator Rangkul Pengrajin Lokal untuk Bangkit Bersama
Bangkitkan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Ajak Animator Rangkul Pengrajin Seni Lokal Bergerak Bersama Foto: (Kemenparekraf)

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Dalam membangkitkan ekonomi kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno mengajak animator infinite studios untuk menggandeng pengrajin seni lokal menciptakan karya seni orisinil. Ini bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan.

Sandi menilai bahwa industri animasi mulai dari film kartun hingga film layar lebar adalah peluang usaha ekonomi kreatif. Sehingga industri animasi menjadi sebuah investasi yang sangat potensial untuk membuka lapangan kerja.

"Hal tersebut disampaikan Sandi ketika mengunjungi Infinite Studios yang dilanjutkan dengan video conference di Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (21/1/2021).

Kita akan terus tingkatkan karena industri perfilman animasi, di bawah lingkup ekonomi kreatif dan kita harus berkolaborasi agar kemudahan-kemudahan dan insentif bagi industri ini bisa berkembang dan buka lapangan kerja seluas-luasnya," ungkap Sandi di Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau.

Dalam kunjungannya, Sandi melihat adanya kluster inovasi dan kolaborasi antara digitalisasi dengan kearifan lokal. Dia pun mengajak mengajak para animator dan kreator film untuk melibatkan pengrajin seni lokal seperti Fariz Wibisono, seorang pemuda asal Wonogiri, Jawa Tengah yang membuat wayang dari kertas daluang.

Sandi pun berharap, dengan adanya fasilitas dan kemudahan dari Kemenparekraf, animasi nasional dan kesenian lokal bisa menjadi jawara hingga mendunia.
"Dalam memperkuat sektor parekraf kita harus memberikan fasilitasi dan kemudahan-kemudahan agar kita bisa cetak talenta baru, lapangan kerja baru," papar Sandi.

"Saya ucapkan terima kasih sekali lagi, saya minta juga kerjasama-kerjasama dengan teman-teman lain agar bukan hanya dari kota-kota besar, tapi dari Wonogiri dapat kesempatan juga untuk di showcase kelestarian budaya budaya kita," tambahnya.

Menparekraf ini juga memberikan semangat agar semua pihak bersemangat dalam berkarya. Sebab, karena bukan hanya membanggakan, tapi karya indah buatan anak bangsa bisa menghidupkan kembali industri kreatif.

"Kita harus kerja keras, kita nggak punya banyak waktu, kita Geber (gerak bersama) dan juga kita harus Gaspol (garap semua potensi lapangan kerja) kita garap semua potensi untuk lapangan kerja dan selamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ayo kita Beber, Bergerak Bersama, seperti Wayang Beber Mas Fariz Wibisono," ungkap Sandi. (R04)
Sumber : detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index