Menko Airlangga Klaim Sudah Temui 50 Investor Global dan Dapat Komitmen SWF, Segini Rencana Investasinya...

Menko Airlangga Klaim Sudah  Temui 50 Investor Global dan Dapat Komitmen SWF,  Segini Rencana Investasinya...
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim pemerintah telah menemui 50 investor global untuk menjaring investasi yang bisa dikelola Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF).

Airlangga menjelaskan kalau dia telah mengantongi letter of interest dari beberapa negara tersebut untuk mendatangkan investasi dana abadi.

"Diharapkan sovereign wealth fund ini bisa menarik SWF dari negara lain. Kami sudah mendapatkan letter of interest dari US DFC, JBIC dan juga ADIA dari United Arab Emirates," ucapnya dalam Bisnis Indonesia Business Challenges 2021, Selasa (26/1/2021).

Airlangga menjelaskan dalam tahap komersial, nantinya LPI akan memiliki dua jenis pendanaan yakni master fund dan thematic fund.

Letter of interest dari International Development Finance Corporation (DFC) sebesar US$2 miliar, MoM dari JBIC dengan potensi pendanaan di atas US$4 miliar, masuk dalam jenis master fund.

Sementara yang masuk dalam thematic fund di antaranya letter of interest informal komitmen sebesar lebih dari US$2 miliar dari CDPQ Kanada untuk pembangunan jalan tol. 

Kemudian ada pula letter of interest dari APG Belanda sebesar US$1,5 miliar dan Macquarie dengan potensi kontribusi US$300 juta.

"Jadi konsepnya adalah dua jenis fund, yaitu master fund dan thematic fund yang sektornya dibagi sesuai dengan bidang," tuturnya.

Airlangga juga menuturkan, INA juga harus mengejar ketertinggalan dari beberapa negara yang mengelola SWF. Ia menyebut misalnya Norway Gov yang telah mengelola aset US$ 1,1 miliar, China Inv Co sebesar US$1 miliar dan Abu Dhabi US$579 juta.

Sementara di Asia Tenggara, ada GIC Private Limited yang mengelola aset US$453 juta, Temasek Holding US$417 juta dan Khazanah Nasional Berhad US$20 juta.(R04)

Sumber Berita: cnnindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index