Yuk.. Makan Ikan Biar di FollBack Susi Pudjiastuti

Yuk.. Makan Ikan Biar di FollBack Susi Pudjiastuti
Foto: Youtube Susi Pudjiastuti (detik.com)

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Susi Pudjiastuti tengah ramai dibicarakan karena namanya 'disentil' politisi Dewi Tanjung. Sosok Susi memang kerap menarik perhatian, termasuk karena kicauannya di Twitter.

Sejak mengajak netizen Twitter untuk ramai-ramai unfollow akun Permadi Arya alias Abu Janda, nama Susi jadi perbincangan. Susi menilai cuitan Abu Janda menyinggung perasaan publik.

Pada 29 Januari 2021, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) ini menulis, "Saya pikir saatnya dihentikan ocehan2 model seperti ini yg selalu menyinggung perasaan publik. Tidak sepantasnya dimasa sulit pandemic, hal2 yg tidak positif dibiarkan. Ayo kita un follow, dan jangan perdulikan lagi orang2 seperti ini. Salam sehat & damai."

Lalu hari ini (4/2), Susi kembali menyinggung ketentuan dirinya dalam mem-follow back sekaligus mem-block seseorang di Twitter. Ia mengutip cuitannya pada 28 Oktober 2019. Terlihat ada 4 ketentuan dari Susi jika seseorang ingin difollow back oleh dirinya di Twitter.

"1. Makan ikan lebih banyak drpd protein lainnya 2. Cinta laut tidak buang sampah plastik sembarangan & mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. 3. Menjaga laut dan merawat laut, bersedia membersihkan pantai pantai yg kotor. Minimal kampanye anti plastik sekali pakai 4. Menyayangi sesama apalagi saudara sebangsa & setanah air, tidak bicara rasis, ekstrim, semua percakapan harus konstruktif."

Ia juga menegaskan kalau belakangan ini ada pihak yang marah karena ia block di Twitter, pasti karena melanggar aturan nomor 4 darinya. "Yang belakangan ini marah karena saya block pasti karena melanggar aturan saya nomor 4 ini," tulis wanita asal Pangandaran ini.

Kecintaan Susi pada ikan, laut, dan ekosistemnya memang tak main-main. Buktinya ia menjadikan aspek terkait laut menjadi ketentuan utama dari dirinya ketika ingin follow back seseorang di Twitter.

Bagi seseorang yang tidak bisa makan ikan karena alergi, menurut Susi paling tidak seseorang bisa berkampanye ayo makan ikan. "Makan ikan sehat, makan ikan kuat, makan ikan cerdas .. Tidak makan ikan ditenggelamkan !!!!! yg tidak bersedia mengikuti ketentuan ketentuan diatas akan segera saya unfollow. Yg melawan sy block," katanya di cuitan 28 Oktober 2019.

Dalam banyak kesempatan, Susi juga menunjukkan kecintaannya pada ikan. Ia gemar memasak dan menyantap ikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Masak ikan layur kuah santan
Pada Ramadhan lalu, Susi membagikan resep ikan layur kuah santan lewat YouTube pribadinya. Ia menggunakan ikan layur segar yang baru saja dibeli di Pasar Ikan Pangandaran.
Ikan layur dipotong-potong lebih dulu lalu dibakar oleh Susi. Setelah itu wanita yang kerap tampil nyentrik ini memasaknya dengan kuah berbumbu bawang merah, bawang putih, daun salam, cabai rawit, lengkuas, jahe, santan, dan garam.

2. Masak ikan mangmung bumbu rujak
Pencinta ikan mungkin banyak yang belum tahu ikan mangmung, tapi Susi mengolahnya jadi makanan lezat. Ikan mangmung sebenarnya mirip ikan bawal.

Susi memasaknya dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu ikan mangmung dimasak dengan bumbu rujak yang rasanya gurih, asam, dan manis. Ikan dimasak bersama bumbu rujak sampai seluruh bumbunya meresap dan merata.

3. Makan ikan lemuru di Bali
Mengunjungi Bali pada tahun 2018, Susi pamer momen sarapan ikan lemuru. Dengan gaya makan yang santai, ia mengatakan kalau ikan lemuru memiliki gizi yang luar biasa. Ia mendapatkannya dari pasar ikan di Jembrana saat itu.

Olahan ikan lemuru favorit Susi adalah sop ikan dengan kuah asam pedas, tapi ia mengatakan ikan lemuru juga enak digoreng. (R04)
Sumber Berita : detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index