Soal Ibadah Haji, Anggota DPR Minta Jokowi "Say Hello" ke Arab Saudi

Kamis, 08 April 2021 | 21:35:37 WIB
Soal Ibadah Haji, Anggota DPR Minta Jokowi
Ket Foto : Ilustrasi pelaksanaan ibadah Haji.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf mendorong Presiden Joko Widodo untuk berdiplomasi dengan pemerintah Arab Saudi soal pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19. 

"Saya berharap sekali lagi, sebagaimana rapat yang lalu, kenapa rapat yang lalu saya minta Pak Jokowi say hello itu adalah bahasa kami meminta, tetapi intinya adalah kami merasakan betul betapa diplomasi kita ini tidak setara dengan negara-negara Timur Tengah khususnya Arab Saudi," kata Bukhori dalam rapat dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (8/4/2021). 

Bukhori berpandangan, Indonesia mestinya memiliki daya tawar lebih kuat karena menurutnya Arab Saudi jauh lebih membutuhkan Indonesia ketimbang sebaliknya. 

Selain itu, Indonesia selama ini juga menjadi negara dengan penyumbang jumlah jemaah haji terbesar. 

Di samping itu, politikus PKS itu juga berharap tidak ada pembengkakan biaya haji yang dapat memberatkan masyarakat. 
Meskipun, ia juga memahami bahwa pelaksanaan ibadah haji tentu menimbulkan biaya-biaya yang sebelumnya tidak pernah ada, misalnya biaya untuk protokol kesehatan. 

"Tetapi kemudian kami tetap bahwa mengharapkan agar bagaimana supaya sedapat mungkin kita bisa menekan agar ketika sendainya terjadi satu kenaikan itu kenaikan yang rasional dan tidak memberatkan masyarakat," kata dia. 
Menanggapi permintaan Bukhori, Yaqut menyebut

Presiden Joko Widodo telah melakukan upaya untuk berdiplomasi dengan pemerintah Arab Saudi. 

"Say hello-nya Pak Presiden ke Kerajaan Saudi Arabia saya kira itu sudah dilakukan dan saya tahu itu sudah dilakukan, saya tahu dengan telinga saya pak, saya tahu itu sudah dilakukan," kata Yaqut.(R03)

Sumber Berita: kompas.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS