Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemkab Ajak Msyarakat Bersatu dalam Pencegahan Covid-19

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemkab Ajak Msyarakat Bersatu dalam Pencegahan Covid-19
Forkopimda Rohul saat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila,Selasa (01/06).

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu bersama Forkompinda mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Presiden Joko Widodo secara Virtual.Presiden didaulat sebagai Inpsektur Upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (01/06).

Sementara ditingkat Pemkab Rohul, Peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga diikuti sejumlah Forkompinda Rohul secara Virtual, Di Rumah Dinas Plh Bupati, Pasir Pengaraian, Selasa (01/06).

Tampak juga dihadiri Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST MM, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kajari Rohul Pri Wijeksono SH MH, Perwakilan Ketua PN Pasir Pengaraian, Aryananda SH MH, Plt Kesbangpol Rohul Irvandri

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila.

“Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memengaruhi lanskap kontestasi ideologi. 

“Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara. Ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin cepat. 

Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

"Pertama kita mengucapkan selamat hari lahir Pancasila hari ini tanggal 1 Juni yang momentum hari lahir Pancasila ini kiranya bagi seluruh masyarakat kita di Rokan Hulu bagaimana hari ini kita selalu meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan," kata Plh Bupati

Dikatakan Haris, banyak hal-hal yang perlu dilaksanakan kerjakan bersama-sama, dengan semangat hari lahir Pancasila ini terutama hari ini bagaimana kita melihat kondisi masih menghadapi wabah Covid-19. 

"Tentunya kita perlu bersatu padu seluruh komponen masyarakat di Rokan Hulu ini agar kita bisa pertama menanggulangi penularan Covid-19 itu sendiri, dengan melaksanakan anjuran dan aturan dari Pemerintah," pintanya

"Yang kedua bagaimana kita semuanya bisa menggerakkan roda ekonomi di kawasan hulu, nanti semua masyarakat mudah-mudahan tidak ada terimbas oleh adanya Pandemi Covid-19. Dengan momentum hari lahir Pancasila inilah kita bahu-membahu kita semua bersatu-padu," harapnya

Plh Bupati berharap peringatana hari lahir Pancasila ini sebagai semangat baru bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu untuk melakukan hal-hal yang terbaik buat negeri kita tercinta ini.(Advetorial Pemda Rokan Hulu).

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index