Ridwan Kamil Minta Pemerintah Lobi Ulang Arab Saudi soal Pembatalan Haji

Ridwan Kamil Minta Pemerintah Lobi Ulang Arab Saudi soal Pembatalan Haji
Ridwan Kamil

BANDUNG (RIAUSKY.COM)- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat bernegosiasi kembali dengan Pemerintah Arab Saudi terkait batalnya keberangkatan haji tahun ini. 

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini meyakini Pemerintah Arab Saudi masih memberi peluang bagi jemaah haji Indonesia untuk berangkat ke Tanah Suci. 

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia bisa menjamin protokol kesehatan para jemaah. 

"Kalau masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Kenapa, karena saya meyakini Pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia. Selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan, jangan nol sama sekali," kata Emil di Bandung, Senin (7/6/2021). 

Emil pun merasa sedih atas pembatalan tersebut. Apalagi, ia sudah merencanakan untuk menjadi jemaah haji sejak dua tahun lalu. 

"Secara pribadi saya sangat sedih karena ini kali kedua kita tidak bisa melaksanakan haji apalagi umrah. Apalagi sejak tahun lalu saya sudah persiapan jadi amirul Jawa Barat," kata Emil. 

"Saya harap mereka yang sudah siap sesuai jatahnya harus ikhlas dan bersabar, karena bagaimanapun qodarullah seperti ini," kata dia.(R04)

Sumber Berita: kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index