PERINGATAN! Jangan Lihat Matahari Cincin dengan Mata Telanjang

PERINGATAN! Jangan Lihat Matahari Cincin dengan Mata Telanjang
Gerhana matahari cincin.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Gerhana matahari cincin terjadi bertepatan dengan fase bulan baru pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021. 

Sayangnya, fenomena langka ini tidak bisa disaksikan di Indonesia.

Tetapi, ternyata ini sebuah keberuntungan juga. Selain disebut sangat indah, gerhana matahari cincin juga ternyata sangat berbahaya.

Saat terjadi gerhana total, sebagian, atau gerhana cincin kita tidak boleh mencoba mengamati dengan mata telanjang.

Melihat langsung gerhana matahari penuh atau sebagian dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. 

ARPANSA merekomendasikan melihat gerhana secara tidak langsung.

Teknik paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah melihat secara tidak langsung. Misalnya, kita dapat dengan mudah memproyeksikan gambar matahari ke layar atau kita dapat melihat streaming langsung di TV atau online.

Khususnya mata anak-anak yang sangat halus dan mengirimkan lebih banyak cahaya ke retina. Hal ini membuat mata anak-anak lebih rentan terhadap kerusakan akibat cahaya yang intens.

Penggunaan yang aman dari kacamata ini bergantung pada kemampuan penyaringan lensa dan desain bingkai. Meskipun lensa disertifikasi untuk memenuhi standar yang berlaku, penggunaan kacamata yang tidak tepat masih dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

ARPANSA merekomendasikan agar kacamata gerhana matahari tidak digunakan untuk melihat gerhana matahari secara langsung.(R04)

Sumber Berita: okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index