HORE... Pemerintah Siapkan Vaksin Moderna untuk Disuntikkan Bagi Masyarakat Umum

HORE... Pemerintah Siapkan Vaksin Moderna untuk Disuntikkan Bagi Masyarakat Umum
Siti Nadia Tarmizi

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Vaksin COVID-19 Moderna di Indonesia saat ini hanya digunakan sebagai booster atau suntikan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan. 

Dengan pertimbangan, nakes adalah kelompok paling rentan di tengah pandemi COVID-19 sehingga diberi upaya proteksi lebih.

Namun kabar terbarunya, Kementerian Kesehatan kini tengah menyiapkan pemberian vaksin Moderna untuk masyarakat umum non-nakes. Sejauh ini, belum ada penjelasan lebih lanjut terkait kelompok masyarakat umum mana yang akan lebih dulu diberikan vaksin ini.

"Ya, ke masyarakat umum (pemberian vaksin Moderna). Tidak ada kelompok khusus sementara ini," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (10/8/2021).

Ia menambahkan, vaksin ini nantinya akan diberikan sebagai dosis 1 dan 2 untuk masyarakat umum, bukan booster.

Tak ada pertimbangan khusus terkait efikasi vaksin Moderna dalam rencana pemberian kepada masyarakat umum. Melainkan, hanya menyesuaikan stok yang tersedia di Indonesia.

Dalam kesempatan sebelumnya, kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, memaparkan vaksin COVID-19 Moderna memiliki efikasi 94,1 persen untuk usia 18-59 tahun. Sementara untuk usia 18-65 tahun melampaui 80 persen.

"Tidak ada (pertimbangan efikasi). Ini melengkapi kebutuhan vaksin yang kita perlukan untuk mencapai sasaran vaksinasi," imbuh dr Nadia.

Akan tetapi, dr Nadia belum memberikan jawaban terkait prediksi waktu vaksin Moderna mulai diberikan pada masyarakat umum.(R02)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index