Gubernur Riau Apresiasi Gerakan Sumatera Berwakaf

Gubernur Riau Apresiasi Gerakan  Sumatera Berwakaf
Gubernur Riau Syamsuar saat memberi sambutan pada FESyar 2021 yang melaunching Gerakan Sadar Wakaf- Sumatera Berwakaf.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Bersempena pelaksanaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) tahun 2021, Bank Indonesia Perwakilan Riau, Jumat (13/8/2021) juga dilaunching Gerakan Sadar Wakaf- Sumatera Berwakaf.

Pada kegiatan tersebut ikut hadir Gubernur Riau Syamsuar yang mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. 

Gubernur riau syamsuar menyampaikan bahwa wakaf bukan hanya untuk keagamaan saja, akan tetapi wakaf juga untuk jiwa kewirausahaan,  seperti bisa dikelola untuk mini market, hotel syariah, rumah wakaf bagi masyarakat kurang mampu dan pemberian pinjaman tanpa bunga.

Karena itulah, sebut dia, gerakan berwakaf perlu di sosialisasikan menjadi gerakan kolektif seluruh umat dalam rangka membangkitkan ekonomi umat. 

Riau berwakaf pada 2019 kami berhasil mengumpulkan dana wakaf sebesar lebih dari Rp6 miliar dan pada 3 agustus 2021 kami berhasil mengumpulkan wakaf sebesar lebih dari Rp600 miliar,  selain nominal,  kami juga berhasil mengajak lebih dari 4.000 milenial sebagai wakif baru yang melakukan wakaf uang secara digital,'' ucap gubernuar riau.

Dia berharap dengan semakin intensnya kegiatan membangun gerakan Sadar Berwakaf ini, akan semakin meningkat lagi kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, Kepala perwakilan bank indonesia Provinsi Riau Decymus menyampaikan bahwa Bank Indonesia selalu mendukung pengembangan instrumen sosial  yang bertujuan untuk mensejahterahkan umat yang dikembangkan dengan sistem keuangan, salah satu yaitu wakaf.

Hari ini, kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk gerakan lebih luas lagi, dengan tajuk Sumatera Berwakaf 2021.

Untuk menggerakkan wakaf, sebut dia,  perlu sinergi dan kerja sama dari pemangku kepentingan.

Kantor perwakilan Bank Indonesia di wilayah Sumatera bekerjasama dengan pemerintah daerah, badan wakaf indonesia, dan pegiat wakaf tahun ini mengadakan Sumatera Berwakaf.

Per tanggal 6 agustus 2021 sudah ada 4.075 wakif baru dari kalangan anak muda/milenial dengan dana yang terkumpul sekitar Rp125,2 juta atau rata-rata 30 ribu per orang yang dihimpun melalui smartphone. 

Ini merupakan bagian dari keseluruhan total wakaf yang terkumpul di Provinsi Riau pada tanggal 6 Agustus 2021 lalu, yang totalnya  sebesar Rp614,9 miliar dengan jumlah wakif 5.146 wakif.(Mg3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index