JANGAN KAGET, di Riau Ada 'Kampung Sapi', Populasinya  10.000 Ekor, Disini Tempatnya...

Kamis, 02 September 2021 | 14:16:04 WIB
JANGAN KAGET, di Riau Ada 'Kampung Sapi', Populasinya  10.000 Ekor, Disini Tempatnya...
Ket Foto : Ilustrasi sapi di Rimba Makmur Tapung Hulu.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Beternak sapi menjadi primadona bagi warga Desa Rimba Makmur, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar untuk mendongkrak perekonomian keluarga didesa tersebut. 

Keseriusan warga di Desa Rimba Makmur dalam beternak sapi patut diacungi jempol. Bahkan orang nomor satu di Riau, Gubernur Riau Syamsuar hadir langsung ke desa ini untuk melihat peternakan sapi di desa tersebut. 

"Semoga apa yang sudah dicanangkan oleh kepala desa bersama warganya di desa ini bisa berkenbang dan tumbuh dengan baik dan berdampak terhadap masyarakat secara luas," kata Gubri Syamsuar, Kamis (2/9/2021). 

Hampir seluruh warga yang bermukim di desa ini memiliki ternak sapi di tempat tinggalnya masing-masing. Tidak heran jika sapi menjadi pekerjaan sampingan yang mampu menopang perekonomian keluarga.

Total jumlah sapi ternak yang dikelola oleh warga di desa Rimba Makmur hingga saat ini sudah mencapai 10 ribu ekor sapi. 

Dengan total luas lahan untuk gembala seluas 7 ribu hektare. Sedangkan untuk lahan pakan untuk ternak sapi yang disiapkan seluas 6 hektare.

Menariknya, di desa ini ada banyak program yang digulirkan agar masyarakat bisa menjadi peternak sapi. 

Diantaranya adalah program bantuan sapi bergilir dari badan amil zakat desa Rimba Makmur.

"Kita sudah menyalurkan bantuan sebanyak 130 ekor sapi indukan kepada masyarakat melalui program jual sapi berzakat," kata Kepala Desa Rimba Makmur, Rustamji, SH saat menerima kedatangan rombongan Gubri Syamsuar dari dalam kegiatan Pencanangan Zona ekonomi Syariah di halaman kantor Desa Rimba Makmur. 

"Hari ini kami serahkan lagi untuk bantuan sapi sebanyak tiga ekor sapi, ini bantuan sapi yang ke 131,132 dan 133 yang kita berikan kepada warga, " ujar Rustamji.(mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS