Covid-19 Menurun, 23 Kabupaten Kota di Luar Jawa Bali Tetap Lakukan PPKM Level 4, Ini Penyebabnya....

Covid-19 Menurun,  23 Kabupaten Kota di Luar Jawa Bali Tetap Lakukan PPKM Level 4, Ini Penyebabnya....
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengumumkan bahwa pemerintah akan tetap melaksanakan Penerapan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. 

Pada kesempatan itu, Airlangga juga mengumumkan perkembangan penerapan PPKM berdasarkan level baik di provinsi juga kabupaten dan kota di luar Jawa dan Bali. 

''Kalau kita lihat secara provinsi terjadi penurunan dari level 4 yaitu  2 provinsi, menjadi tidak ada yang di level 4.  Kemudian di level 3 dari 22 provinsi menjadi 16, level 2  dari 3 menjadi 11 provinsi,'' jelas Airlangga.

Namun begitu, untuk tingkat kabupaten dan kota, Airlangga menjelaskan pemerintah masih menetapkan 23 kabupaten kota untuk melaksanakan PPKM Level 4. 

''Karena ini penting agar berbagai persiapan baik itu dari pemerintah maupun masyarakat  harus  terus waspada. Karena ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar penurunan level, ataupun tingkat kasus ini bisa dijaga. Karena sekali lagi kami sampaikan, bahwa pandemi Covid ini sifatnya dinamis,'' kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga yang juga menjadi Koordinator Penanganan Covid-19 luar Jawa Bali juga mengungkapkan ada 17 kabupaten kota yang telah mengalami perbaikan, dimana dari 16 kabupaten kota turun dari level 4 ke level 3. Bahkan ada satu kabupaten kota turun ke level 2.

''Namun ini terus tetap akan dilaksanakan berbasis pada level 4, karena kita masih  menunggu jumlah vaksinasi agar bisa minimal mencapai 20 persen,'' kata dia.

Kemudian 6 kabupaten kota lainnya tetap di level 4, yaitu Banda Aceh, Bangka, Medan, Kota Baru, Palangkaraya dan Palu.

''Walaupun beberapa indikator terkait kasus konfirmasi, kesembuhan tingkat kematian, maupun BOR sudah lebih baik, namun tetap kita kenakan di level 4,'' jelasnya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index