Proyek SPAM Lintas Pekanbaru Kampar 1.000 Liter per Detik Dimulai, Nilai Capex-nya Rp1,6 Triliun

Proyek  SPAM Lintas Pekanbaru Kampar  1.000 Liter per Detik Dimulai, Nilai Capex-nya Rp1,6 Triliun
Peletakan tiang pancang proyek SPAM Pekanbaru-Kampar di Kualu yang digarap PT PP Tirta Riau dan PT SPR dengan nilai Capex Rp1,6 Triliun.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melakukan pemancangan tiang pertama sistem penyediaan air minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (20/9/2021).

Proyek SPAM ini nantinya akan melayani 102.000 rumah yang ada di Pekanbaru dan Kampar.

"Proyek SPAM ini dalam rangka mendukung peningkatan penyediaan air minum yang sesuai standar Kemenkes untuk masyarakat yang berada di daerah Pekanbaru dan Kampar," kata Gubri.

Syamsuar pun berdoa semoga SPAM Lintas Pekanbaru dan Kampar ini dapat beroperasi sesuai rencana, yaitu pada 2022 nanti.

"Semoga pengerjaan proyek investasi ini selesai sesuai target pada 2022. Namun, kami harapkan ini (SPAM, red) tidak hanya memikirkan keuntungan semata, tetapi juga memikirkan tentang bagaimana air ini bisa dijangkau masyarakat dengan harga yang terjangkau," jelasnya.

SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar yang  dilakukan pemancangan oleh Gubernur Riau ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik. 

Merupakan proyek  kerjasama antara PT PP Tirta Riau dengan BUMD Riau PT Sarana Pembangunan Riau (SPR)

"SPAM ini sumber air baku berasal dari Sungai Kampar. Nanti SPAM akan melayani lebih kurang 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah yang melewati Kecamatan Tampan, Bukit Raya dan Marpoyan Damai untuk Kota Pekanbaru. 

Sedangkan untuk Kabupaten Kampar melewati Kecamatan Tambang dan Siak Hulu," terangnya. 

Pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar ini merupakan Bussiness to Bussiness (B to B). 

Sehingga pembangunan tidak menggunakan dana dari APBD Riau dan APBN. 

"Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau dan PT SPR. 

Investasi ini merupakan investasi mandiri yang seluruh pembiayaannya berasal Capital Expenditure (Capex) PT PP Tirta Riau senilai Rp1,6 triliun. Dimana kepemilikan sahamnya dipegang oleh Konsorsium PPMV," tutupnya. 

Untuk diketahui, PT PP Tirta Riau merupakan Badan Usaha Kerjasama (BUK) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP (Persero) Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar.(mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index