DLHK Beri Penghargaan Adiwiyata ke SDS IT At-Taqwa Binaan RAPP

DLHK Beri Penghargaan Adiwiyata ke SDS IT At-Taqwa Binaan RAPP
Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata 2021 di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Minas, Kecamatan Siak, Riau, Rabu (6/10/2021).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sejumlah sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui Community Development (CD) berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi Riau tahun 2021. 

Bahkan, salah satu diantaranya yakni SD Swasta IT At-Taqwa Pelalawan berhasil meraih nilai 91,64 atau tertinggi dari 49 sekolah yang menerima penghargaan tersebut.

Sedangkan, tiga sekolah lainnya, yakni SD Swasta Global Andalan Estate Cerenti Kuansing meraih nilai 84,07, SD Negeri 009 Kuala Terusan Pelalawan meraih nilai 82,68, dan SD 012 Lalang Kabut  meraih nilai 82,60.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan penghargaan bagi sekolah yang peduli dengan lingkungan.

"Sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dinilai dapat membantu pemerintah dalam menciptakan generasi yang cinta terhadap lingkungan yang bersih. Sebab kebersihan lingkungan akan berdampak pada kesehatan dan masa depan dunia," kata Gubri usai menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata 2021 di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Minas, Kecamatan Siak, Riau, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Swasta IT At-Taqwa Pelalawan, Mella Sari mengatakan bahwa penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi ini merupakan penghargaan kedua di bidang lingkungan yang diterima oleh sekolahnya.

"Alhamdulillah ini penghargaan Adiwiyata yang kedua, kemarin dapat dari kabupaten, sekarang provinsi dan Alhamdulillah lagi, kami mendapatkan nilai tertinggi. Insya Allah, jika mendapatkan amanah, kami siap untuk bersaing di tingkat nasional," kata Mella Sari.

Ia menambahkan sekolahnya memang sudah melengkapi penilaian assesor baik dari penerapan lingkungan sehat dan bersih di sekolah, kebun pembibitan atau Green House, taman kompos, materi pembelajaran siswa dan administrasi guru. Sehingga pihaknya optimis untuk melaju ke tingkat nasional lagi.

"Alhamdulillah, kami memang sudah melengkapi semua yang akan menjadi kriteria penilaian. Selain itu, kami juga mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari RAPP untuk mengetahui gambaran-gambaran apa saja yang akan dinilai tim asessor, juga bibit-bibit pohon untuk penghijauan dan Green House," jelasnya.

Untuk diketahui, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Maamun Murod sebelumnya telah menjelaskan bahwa 49 sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun ini, terdiri dari 19 sekolah dari Kabupaten Bengkalis, 13 sekolah dari Kota Pekanbaru.

Lalu, 7 sekolah dari Kabupaten Rokan Hilir, 4 sekolah dari Kabupaten Siak, 3 sekolah dari Kabupaten Pelalawan, 1 sekolah Kabupaten Indragiri Hilir, 1 sekolah dari Kabupaten Kampar, 1 sekolah dari Kabupaten Kuansing dan 1 sekolah dari Kota Dumai.

"Kami laporkan kepada bapak Gubernur bahwa sejak dimulainya pelaksanaan Program Adiwiyata di Provinsi Riau, disampaikan Penghargaan yang telah diperoleh sampai dengan  tahun 2021 sebanyak 739 sekolah dengan rincian, Adiwiyata Provinsi 579 sekolah, Adiwiyata Nasional 140 sekolah, Adiwiyata Mandiri 19 sekolah dan Eco School 1 sekolah," jelas Murod.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index