Tak Takut Digugat WTO, Jokowi: Wong Barang Barang Kita, Mau Dijadikan Pabrik Disini, Hak Kita Dong!''

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:34:02 WIB
Tak Takut Digugat WTO, Jokowi: Wong Barang Barang Kita, Mau Dijadikan Pabrik Disini, Hak Kita Dong!''
Ket Foto : Presiden Joko Widodo.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Presiden Joko Widodo mengeluarkan statemen tegas terkait keinginannya agar Indonesia memulai industrialisasi dan hilirisasi produk industri di dalam negeri.

Presiden Jokowi bahkan mengatakan Indonesia tidak perlu takut meski pun akan berhadapan dengan gugatan dari World Trade Organization (WTO)

''Seperti pada saat nikel kita katakan tidak, meski pun kita digugat di WTO. Nggak apa, wong nikel nikel kita, barang barang kita, mau kita jadikan pabrik di sini, mau kita jadikan barang disini hak kita dong,'' tegasnya. 

Bila ada yang menggugat, Jokowi menyebutkan pemerintah harus siap menghadapi. 

''Ya kita hadapi kalau ada yang menggugat kita hadapi, jangan digugat kita mundur lagi, nggak akan kesempatan itu datang lagi, peluang itu datang lagi. Ini kesempatan kita bisa mengintegrasikan industri industri besar yang ada di dalam negeri,'' pinta dia.

Tak hanya nikel dan sawit, Jokowi juga sudah mengancang-ancang untuk melakukan kebijakan yang sama pada industri Crude Palm Oil (CPO).

''Sawit  juga sama, suatu titik nanti stop yang namanya ekspor CPO. Harus jadi kosmetik, harus jadi mentega, harus jadi biodiesel dan turunan-turunan lain,'' tegas Jokowi.

Dia kembali menegaskan, Indonesia harus berani.

''Sekali lagi harus punya keberanian. Jangan sampai kita grogi  gara-gara digugat di WTO. Jadi siapkan lawyer yang kelas-kelas internasional biar tak kalah kita,'' pungkasnya.(R03)
 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS