Wabup Junaidi Rachmat Hadiri Sosialisasi dan Rencana Aksi Pencegahan Stunting IDI Inhu

Wabup Junaidi Rachmat Hadiri Sosialisasi dan Rencana Aksi Pencegahan Stunting  IDI  Inhu

INHU (RIAUSKY.COM) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Indragiri Hulu selenggarakan sosialisasi dan rencana aksi pencegahan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Inhu Drs. Junaidi Rachmat, M.Si mewakili Bupati Inhu, pada Jumat pagi (23/09/2022) di Hotel Rafana Syariah Pematang Reba.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Inhu Drs. Junaidi Rachmat, M.Si mengatakan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini merupakan wujud perhatian serta komitmen atas percepatan penurunan angka stunting di Kab. Inhu.

Percepatan penurunan stunting adalah program paling penting karena terkait pembangunan manusia Indonesia yang memiliki daya saing di masa depan. Maka dari itu, Penanganan masalah stunting telah menjadi penanganan prioritas nasional untuk segera ditangani, sebut Junaidi Rachmat.

Dilanjutkannya, menurut Organisasi kesehatan Dunia (WHO) batasan prevalensi atau jumlah kasus stunting suatu wilayah sebesar 20% sementara secara nasional angka prevalensi stunting di Indonesia tahun 2021 sebesar 24,4%.

"menyikapi kondisi tersebut, dengan dukungan dari seluruh daerah maka pemerintah pusat menargetkan angka prevalensi nasional tahun 2024 sebesar 14%, sedangkan prevalensi Kabupaten Indragiri Hulu sebesar 23,6%." jelasnya.

Tingkat prevalensi yang masih tinggi perlu diatasi bersama sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN mendapatkan amanat sebagai Ketua Pelaksana Program Percepatan Penurunan Stunting, maka Kab. Inhu telah menurunkan Tim percepatan Penurunan stunting atau TPPS baik pada tingkat kabupaten, kecamatan serta kelurahan dan desa, tambah Junaidi Rachmat.  

"pemerintah daerah telah menugaskan 846 tenaga pendamping keluarga disetiap desa, yang terdiri dari kader PKK, kader Kesehatan dan kader Keluarga Berencana. "pungkasnya.

Terakhir beliau berharap kepada seluruh anggota yang tergabung dalam TPPS Kab. Inhu hendaknya mampu berkomitmen serta berkoordinasi bersama seluruh stakeholder terhadap sasaran prioritas.

Sementara itu, ketua IDI cabang Inhu Dr. Rudi Ardian menyebutkan harapannya dapat menjalin kerjasama kepada seluruh dinding sektor dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indragiri Hulu lebih baik.

Dari sosialisasi tersebut menghadirkan 2 narasumber tentang penyampaian materi strategi pencegahan dan tatalaksana stunting pada oleh dr. Nur Iman Makmur, Sp. A, M.Ked(Ped) dan materi pendampingan ibu hamil dan pasca persalinan dalam rangka percepatan penurunan stunting oleh dr. Bagus Pandji Udara, Sp. OG.(R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index