Wagubri Edy Natar Hadiri Gerakan Salat Subuh Berjemaah di Masjid Al-Anshor Panam

Wagubri Edy Natar Hadiri Gerakan Salat Subuh Berjemaah di Masjid Al-Anshor Panam
Kegiatan GGSB di Masjid Al-Anshor, Perumahan Nusa Indah, RW 021, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Ahad (3/12/2022).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution terus menggalakkan Gerakan Salat Subuh Berjemaah (GSSB) di lingkungan masyarakat Riau.

Kegiatan GGSB kali ini dilaksanakan di Masjid Al-Anshor, Perumahan Nusa Indah, RW 021, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Ahad (3/12/2022).

Kegiatan Safari Dakwah GSSB Riau ke-87 yang juga diikuti Karo Kesra Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, Ketua GSSB Ustadz H. Zulhusni Domo dan rombongan Asatidz dan mukminin penggiat Gerakan Salat Subuh Berjemaah (GSSB) Provinsi Riau.

Tak hanya itu, rangkaian acara salat subuh berjamaah ini juga dihadiri oleh Ketua RW 21 Kelurahan Sialang Munggu, Riki Sonata, ST serta segenap pengurus dan jamaah Masjid Al-Anshor Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pengurus Masjid Al-Anshor Jos Bendri, ST, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi suatu kebahagiaan dan keberkahan tersendiri bagi jamaah dan pengurus Masjid Al-Anshor karena dapat menjalin silaturahiim dengan Wakil Gubernur Riau dan rombongan Asatidz dan mukminin penggiat Gerakan Salat Subuh Berjemaah (GSSB) Provinsi Riau diwaktu yang penuh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT yaitu waktu subuh.

Jos Bendri juga mengatakan dengan GSSB ini diharapkan dapat meningkatkan peran masjid sebagai Bailtullah di mana pelaksanaan salat di masjid-masjid semakin ramai jamaahnya bahkan sama banyaknya dengan jamaah pada waktu salat jum’at.

"Masjid sebagai Baitul Dakwah untuk mensyiarkan amaliyah Islam, Masjid sebagai Baitul Muammalah diharapkan mampu sebagai pemersatu umat, Masjid sebagai Baitul Maal berperan untuk memberikan pemberdayaan ekonomi umat dan Masjid sebagai Baitul Tarbiyah berperan untuk memperkuat pemahaman kita terhadap syariah islam dan menciptakan generasi penerus islam yang mencintai sunnah-sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW," harapnya.

Sementara itu, Ketua GSSB, Ustadz H. Zulhusni Domo dalam tausiahnya menyampaikan bahwa tugas dakwah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab da’i-da’i, akan tetapi menjadi tangung jawab semua umat Islam.

"Untuk itu melalui kegiatan GSSB ini diharapkan bisa memotivasi agar umat muslim senantiasa meningkatkan silaturahiim dan memperkuat sholat berjamaah  sebagaimana tujuan GSSB Riau ini diadakan," ujarnya.

Di sisi lain, dalam pengarahan dan nasehat yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, dia mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid.

"Dengan sholat subuh berjemaah kita berdoa agar mendapatkan derajad takwa di sisi Allah SWT. Takwa adalah melaksanakan apa yang Allah perintahkan dan meninggalkan apa yang Allah larang. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Hujurat ayat 13 yang artinya, "Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa". Rasulullah SAW mengingatkan umatnya tentang keutamaan sholat subuh berjmaah, “apabila mereka mengetahui apa yang ada di dalam shalat subuh dan isya, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak," tutur mantan Danrem 031 Wira Bima ini.

Acara juga diisi dengan tausiah dari Karo Kesra Setdaprov Riau, Ustadz Zulkifli Syukur yang mengingatkan jamaah agar senantiasa membaca Al-Quran.

“Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi al-Qur’an. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al-Qur’an," ucap Zulkifli Syukur.

Rangkaian acara yang diawali dengan salat tahajud berjamaah ini juga diisi dengan penampilan salawat badar dari santri dan santriwati MDTA/TPQ Masjid Al-Anshor dan sarapan pagi bersama jamaah dan Wakil Gubernur Riau. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index