Erick Thohir: Harga Pertamax Turun, Pertalite dan Solar Tetap Disubsidi

Erick Thohir: Harga Pertamax Turun, Pertalite dan Solar  Tetap Disubsidi
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah tetap memberikan subsidi bagi masyarakat untuk jenis BBM khusus penugasan (JBKP) Pertalite dan jenis BBM tertentu (JBT) Solar subsidi. 

Melalui mekanisme subsidi dan kompensasi, Erick menyampaikan harga Pertalite tetap sebesar Rp10 ribu per liter dan Solar subsidi sebesar Rp6.800 per liter.

"Ini tentu berbeda dengan BBM nonsubsidi yang mengikuti tren harga pasar dan harga minyak mentah dunia. Untuk Pertalite dan Solar subsidi pemerintah tetap berkomitmen untuk memberikan subsidi sehingga harganya tidak berubah," kata Erick, Selasa (3/1/2022).

Meskipun tidak berubah, Erick menyebut harga Pertalite dan Solar subsidi masih berada di bawah harga keekonomian.

Erick berpendapat pemberian subsidi ini menjadi bukti keberpihakan dan keseriusan pemerintah dalam membantu masyarakat dalam menatap tahun baru penuh optimisme.

Dia mengatakan pengumuman harga jual terbaru Pertamina memang sedikit lebih lambat dibandingkan badan usaha lain.

Bagi Erick, hal ini hal yang wajar mengingat Pertamina sebagai BUMN mempertimbangkan berbagai aspek agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM.

"Pertamina ini jangkauannya begitu luas karena harus menyalurkan BBM ke seluruh penjuru tanah air, termasuk BBM yang disubsidi seperti Pertalite dan Solar subsidi. Kita ingin memastikan agar pasokan dan distribusi tetap berjalan dengan lancar," jelasnya.

Menurut dia, yang terpenting sekarang adalah memastikan agar BBM subsidi benar-benar tepat sasaran. 

Erick juga terus mengawal kerja sama Pertamina dengan PT Telkom Indonesia dalam memperbaiki dan mengembangkan digitalisasi SPBU.

Dengan transaksi pembelian BBM yang dapat dipantau melalui command center, Erick menyebut formula ini mampu memastikan penyaluran kuota dan subsidi BBM lebih tepat sasaran. 

Lalu, Erick juga bakal meningkatkan kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM melalui program Solar untuk koperasi nelayan.(R02)

Sumber Berita: tvonenews.com

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index