Gunung Marapi Erupsi 2 Kali Sabtu Pagi, BKSDA Sumbar Tutup Jalur Pendakian

Gunung Marapi Erupsi 2 Kali Sabtu Pagi, BKSDA Sumbar Tutup  Jalur Pendakian
Erupsi debu vulkanik di puncak gunung Marapi Sumatera Barat./ Sumber Foto: instagram@kababukittinggi

BUKITTINGGI (RIAUSKY.COM)-  Gunung Marapi dilaporkan mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu (7/1/2023) pagi.

Laporan PVMBG menyebutkan telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 07 Januari 2023 pukul 06:11 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 300 meter  di atas puncak (± 3.191 m di atas permukaan laut).

Erupsi kedua terjadi pukul 09:44 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 3.091 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Akibat erupsi dan semburkan abu vulkanik, 40 pendaki terjebak di Gunung Marapi Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ardi Andono mengatakan, 40 pendaki itu diketahui mendaki pada Kamis dan Jumat kemarin.

Kendati terjadinya erupsi dan semburan abu vulkanik tadi pagi di Gunung Marapi, kata Ardi, 40 pendaki yang terjebak itu dipastikan aman.

Ardi menjelaskan, erupsi dan semburan abu vulkanik itu hanya terjadi di puncak gunung saja.

Sedangkan, 40 pendaki itu sejak pendaftaran di posko pendakian, telah diberikan aturan untuk tidak menuju ke puncak Gunung Marapi.

"20 pendaki berangkat Kamis, dan 20 pendaki lagi berangkatnya Jumat (kemarin). Pendaki ini sudah dihimbau jangan ke kawah sejak jalur pendakian dibuka lagi," kata Ardi, (7/1/2023).

Saat ini, kata Ardi, pihaknya bersama tim terkait sedang melakukan evakuasi dan peninjauan kondisi terkini di Gunung Marapi.

Lalu, mulai hari ini, kata Ardi, jalur pendakian Gunung Marapi Sumbar bakal ditutup lagi hingga waktu yang belum ditentukan.

"Jalur pendakian ini akan kita tutup lagi, sampai waktu yang tak ditentukan. Nanti, tergantung juga rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)," terang Ardi.(R02)

Sumber Berita: tribunpadang.com

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index