5 Strategi untuk Memenangkan Persaingan Bisnis Online

5 Strategi untuk Memenangkan Persaingan Bisnis Online
ilustrasi aktivitas bisnis secara online

JAKARTA- Seiring dengan berkembangnya e-commerce, bisnis online menawarkan kemudahan sekaligus potensi yang tidak terbatas. 

Bisnis online banyak dipilih oleh para pemula bisnis hingga pemilik merek yang ternama. Faktanya, hampir semua kalangan dan semua segmen produk kini dipasarkan secara online.

Hal ini juga erat kaitannya dengan tren masyarakat dalam menggunakan gadget. Kini gadget tidak lepas dari kehidupan sehari-hari, dari untuk bekerja hingga hiburan seperti main game di fun88

Kegiatan belanja pun kini lebih banyak dilakukan secara online dari smartphone. Bahkan riset menunjukkan bahwa 53 persen pengguna smartphone memilih untuk mencari barang yang dibutuhkan di aplikasi e-commerce. 

Angka ini jauh lebih tinggi daripada mereka yang mencari barang melalui mesin pencari di dunia maya.

Karena itu tidak heran jika persaingan bisnis online sangat ketat. Dari mulai persaingan harga hingga perang iklan, kadang dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memenangkan persaingan ini. 

Sebagai pelaku bisnis online, Anda perlu mengetahui strategi untuk dapat unggul dalam persaingan di bisnis online berikut ini.

  1. Memasarkan produk yang tepat

Agar dapat sukses berbisnis online, Anda perlu memasarkan produk yang banyak dicari oleh konsumen. Untuk mengetahui dengan pasti produk yang potensial untuk dijual, lakukan riset pasar terlebih dahulu.

Salah satu caranya adalah melakukan riset pada mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan Google Search, lakukan pencarian dengan kata kunci produk tertentu. 

Misalnya gunakan kata kunci “hampers lebaran” pada mesin pencari, dan amati berapa hasil pencarian yang ditunjukkan. 

Bandingkan dengan kata kunci lain, misalnya “cemilan sehat”. Semakin banyak hasil pencarian maka artinya produk tersebut semakin populer, sehingga kesempatan untuk menembus pasar akan semakin besar.

Cara lain untuk mengetahui produk yang sedang tren adalah dengan mengamati aplikasi e-commerce. Amatilah produk apa saja yang menjadi best seller di e-commerce.

2. Produk yang sehat atau ramah lingkungan

Kini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menggunakan produk yang aman bagi kesehatan jangka panjang. 

Karena itu salah satu tren produk yang populer saat ini adalah produk yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Contoh dari produk ini misalnya camilan sehat, makanan organik, atau sabun homemade yang ramah lingkungan.

3. Mengamati kompetitor

Bisnis online pasti tidak akan lepas dari saingan atau kompetitor. Mengetahui kekuatan kompetitor adalah hal yang penting untuk perencanaan strategi yang tepat bagi bisnis kita. Jika sudah menentukan produk yang tepat untuk bisnis online, jangan lupa untuk melakukan riset pasar, termasuk pengamatan terhadap kompetitor. 

Salah satunya caranya adalah dengan mengamati fitur toko online kompetitor, dan membaca ulasan pembeli dari toko online saingan. Dengan begitu, kita akan lebih mengetahui bagaimana kekuatan toko online saingan dan hal apa saja yang perlu ditingkatkan, untuk dapat kita terapkan dalam menyusun strategi.

4. Perhatikan momentum

Melakukan riset pasar juga diperlukan untuk menentukan momentum yang tepat untuk meluncurkan produk secara online

Banyak produk yang dijual online bersifat mengikuti momentum, misalnya alat tulis sekolah yang akan ramai dicari pada saat liburan kenaikan kelas. Atau kue kering yang akan populer menjelang lebaran. Perhatikan momentum ini untuk menentukan kapan Anda akan meluncurkan produk Anda di e-commerce.

5. Menentukan harga yang sesuai

Tentukan harga produk sesuai kualitas, tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah. Pembeli memang akan mencari produk yang murah, namun menjual produk dengan harga terlalu murah juga akan membuat pembeli meragukan kualitas produk yang kita miliki.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index