BURUAN! Pinjam Modal Rp5-15 Juta Via BPR Pekanbaru, UMKM Disubsidi Bunga Hanya 9 Persen

BURUAN! Pinjam Modal Rp5-15 Juta Via BPR Pekanbaru, UMKM Disubsidi Bunga Hanya 9 Persen
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Sarbaini

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberikan subsidi bunga pinjaman bank kepada pelaku UMKM yang berskala mikro pada tahun 2023 ini. Subsidi bunga diberikan sebesar sembilan persen oleh Pemko Pekanbaru dalam rangka membantu meningkatkan perkembangan UMKM di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini mengatakan, subsidi bunga ini sudah bisa diajukan sekitar bulan Februari 2023 mendatang. Syarat dan proses pengajuan juga dirancang cukup mudah.

"Insya Allah paling lama bulan Februari sudah bisa kita mulai program ini. Subsidi bunga pinjaman sembilan persen ini hanya berlaku bagi pelaku usaha mikro dengan besaran pinjaman Rp5 juta, Rp10 juta dan Rp15 juta di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru, di Jalan Pepaya," ujarnya, Rabu (11/1).

Menurutnya, pelaku usaha mikro hanya perlu mengajukan pinjaman ke BPR dengan persyaratan seperti pada umumnya melakukan peminjaman bank. Setelah itu, pihak bank akan melakukan pengecekan dan konfirmasi data peminjam ke Dinas Koperasi dan UMKM.

"Kalau syarat lengkap, prosesnya hanya dua atau tiga hari. Berapa pinjamannya nanti tergantung survei bank itu, jadi seperti itu saja," jelasnya.

Lebih lanjut, Sarbaini mengatakan besaran bunga pinjaman bank bagi pelaku usaha biasanya berkisar 12 hingga 15 persen. Dengan demikian, sembilan persen dari bunga pinjaman itu akan ditanggung oleh Pemko Pekanbaru.

Saat ini ada sekitar 25.074 pelaku usaha baik mikro maupun makro di Kota Pekanbaru. Dengan pertimbangan kemampuan anggaran Pemko Pekanbaru, bantuan subsidi ini hanya berlaku bagi pelaku usaha mikro atau pelaku usaha yang paling kecil.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index