Ikon Baru Masyarakat Perkotaan, Pemko Kembangkan Puskesmas Wisata

Ikon Baru Masyarakat Perkotaan, Pemko Kembangkan Puskesmas Wisata

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Pekanbaru kini sudah membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dengan konsep wisata di Jalan Teuku Umar. 

 
Puskesmas ini, memiliki kemampuan melayani berbagai keperluan  kesehatan masyarakat yang setara dengan rumah sakit-rumah sakit swasta yang ada.
 
Puskesmas wisata ini kini menjadi ikon baru bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Agar mudah diakses, puskesmas ini memang sengaja dibangun di tengah kota. Di antara kawasan sentra ekonomi, seperti hotel dan pusat perbelanjaan.
 
Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan, konsep puskesmas wisata sangatlah diperlukan bagi masyarakat sekitar. 
 
"Pemerintah kota tidak akan kaku dalam hal menciptakan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai keperluan. Tujuannya, bagaimana fasilitas yang disediakan diminati dan tetap bisa bersaing dengan yang ditawarkan oleh rumah sakit swasta. Seperti ide membuat Puskesmas wisata ini,’’ papar Wako.
 
Berdirinya puskesmas dengan konsep yang baru ini, lanjut Wako merupakan inovasi Pemko Pekanbaru dalam menciptakan pelayanan bagi masyarakat yang hidup di antara gedung-gedung menjulang dan pusat perekonomian. 
 
"Di sini banyak pegawai mall, hotel, restoran dan sebagainya yang berasal dari kalangan masyarakat sederhana," tuturnya.
 
Jika para pegawai dan pekerja ini tidak mampu berobat ke klinik mewah, maka ada puskesmas wisata yang bersedia melayani 24 jam. Puskesmas wisata dibangun dengan biaya APBD Pekanbaru 2015 sebesar Rp5,3 miliar. 
 
"Ini tentunya memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan klinik swasta yang ada. Makanya Puskesmas Wisata ini diharapkan setidaknya bisa memberikan pelayanan seimbang bagi masyarakat yang tidak mampu berobat ke tempat mahal," urainya.
 
Konsepnya Puskesmas wisata pada dasarnya sama dengan kebanyakan puskesmas lainnya. Namun lingkungan, pelayanan, dan teknologi yang disediakan lebih modern dan berkelas. 
 
"Dengan adanya puskesmas ini menunjukkan pemerintah terus memperhatikan dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat," singkatnya. (Advertorial/R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index