BUMDes Ini Bukukan Sisa Hasil Usaha Rp447 Juta, Ternyata Kuncinya Adalah Kejujuran...

BUMDes Ini Bukukan Sisa Hasil Usaha Rp447 Juta, Ternyata Kuncinya Adalah Kejujuran...
Bupati Rokan Hulu saat menghadiri Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) Tahun Buku 2022 BUMDes Mitra Usaha Mulya , di Desa Marga Mulya, Kec. Rambah Samo, Kamis (26/1/2023) .

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengaku bangga dengan perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Usaha Mulya. 

Pasalnya, Sisa Hasil Usaha (SHU) mencapai 447 juta. Ia mengaku jujur menjadi kunci suksesnya pengelolaan BUMDes.

Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) Tahun Buku 2022 BUMDes Mitra Usaha Mulya , di Desa Marga Mulya, Kec. Rambah Samo, Kamis (26/1/2023) dilansir dari Media Center Rokan Hulu..

Turut juga dihadiri, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Asisten II Drs Ibnu Ulya M.Si, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Plt Kadis DPMPTSP Rohul Munandar SE MM, Plt Kadis DLH Rohul Suparno S.Hut, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo, Kabid Jalan dan Jembatan Khairul Fahmi ST MT, Kepala Desa Marga Mulya Jasmani, Direktur BUMDes Mitra Usaha Mulya Suryana SE.

Lanjut Bupati Sukiman, eksistesi BUMDes Mitra Usaha Mulya ini bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Pemkab Rohul terus mendorong dan mendukung BUMDes untuk terus berinovasi meningkatkan pengelolaan potensi desa. Saya mengapresiasi Inovasi yang dilakukan Pengurus BUMDes untuk meningkatkan Laba Usaha BUMDes dengan membuka unit usaha baru, misalnya memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian," ujarnya

"Pengelolaan BUMDes ini kuncinya jujur, Kalau pengurus nya tidak jujur, Aset BUMDes ini bisa hilang semua, saya bangga kepada Pengurus dan masyarakat yang sudah rukun dengan konsep kebersamaan dan gotong royong. Terima kasih kepada nasabah, ini kebersamaan Luar biasa, Simpanan Pinjam sudah mencapai 8 Miliar, dan tahun depan menargetkan 10 Miliar, ini kerja sama yang baik," ujarnya

Sementara itu, Kepala Desa Marga Mulya Jasmani mengaku BUMDes Mitra Usaha Mulya tahun buku 2022 berada diperingkat 3 se Rohul. Dengan total SHU mencapai 447 juta dan berhasil menyumbangkan untuk PADes sebesar 143 juta.

"Ini capaian luar biasa agar kedepannya bisa dipertahankan oleh Pengurus, ini berkat kerjasama yang baik, Bumdes yang dibangun bersama tetap jaya kedepannya," harapnya

Ia juga meminta kepada Bupati Sukiman menyampaikan aspirasi masyarakat terkait pembangunan aspal, diperkirakan masih ada sekitar 2 KM lagi. Meski demikian, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukiman, pasalnya sejak Desa Marga Mulya ini berdiri sejak puluhan tahun lalu, baru di zaman Bupati Sukiman sudah diaspal lebih kurang 6 KM.

Hal senada juga disampaikan Direktur BUMDes Suryana SE, BUMdes Mitra Usaha Mulya bergerak di unit Simpan Pinjam, Unit Dagang, Peternakan, Transportasi dan pasar desa.

"Untuk rencana kerja tahun 2023 mengoptimalisasi simpanan masyarakat, dengan target 10 Miliar, optimalisasi LUB 600 juta serta pengembangan usaha industri batu bata yang dapat memaksimalkan unit usaha transportasi," pungkasnya.(R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index