Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri Berdasarkan Penyebabnya

Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri Berdasarkan Penyebabnya
Ilustrasi/net (foto : alodokter)

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri dada, mulai dari penyakit asam lambung, serangan panik, hingga masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan asma.

Nyeri dada sebelah kiri dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari nyeri seperti terkena benda tumpul hingga nyeri yang menusuk. Ada kalanya nyeri dada disertai rasa perih dan sensasi terbakar. Bahkan, nyeri juga bisa menjalar ke leher, rahang, punggung, hingga ke salah satu atau kedua lengan.

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, penyebab paling umum pada orang dewasa adalah serangan jantung. Karena nyeri dada bisa menjadi tanda adanya kondisi serius, penting untuk mengetahui pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri.

Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri
Berikut ini adalah berbagai pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri berdasarkan penyebabnya:

1. Tegakkan posisi tubuh
Jika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri secara tiba-tiba, segeralah duduk dan posisikan tubuh dalam kondisi tegak. Posisi ini dapat mengurangi asam lambung naik ke kerongkongan dan mempermudah proses pernapasan.

2. Gunakan nitrogliserin
Nitrogliserin bisa menjadi pilihan obat pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri bila disebabkan penyakit jantung. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah ke jantung

Nitrogliserin dapat segera dikonsumsi bila Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri seperti ditusuk-tusuk yang menjalar hingga ke lengan kiri, leher, dan punggung.

3. Konsumsi buah pisang
Nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung atau GERD. Untuk meredakannya, konsumsilah pisang saat gejala GERD muncul. Pisang mengandung kalium yang baik dikonsumsi untuk menetralkan asam lambung.

4. Konsumsi teh hangat
Teh hangat, seperti teh kamomil atau teh licorice, bisa menjadi pilihan pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh GERD. Kedua teh ini dapat mengurangi peradangan dan memberikan rasa lega, sehingga sensasi terbakar di dada dapat hilang.

Namun, sebaiknya hindari konsumsi teh peppermint untuk meredakan gejala GERD karena bisa membuat nyeri di ulu hati dan dada lebih parah.

5. Konsumsi air jahe hangat
Jahe telah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk meredakan berbagai penyakit, salah satunya nyeri dada sebelah kiri. Air jahe hangat dapat meredakan batuk dan gangguan pencernaan yang kerap menimbulkan gejala berupa nyeri dada.

Sifat antiradang pada jahe dapat mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi di tenggorokan yang sering muncul saat batuk. Selain itu, jahe juga sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk masalah pencernaan, seperti perut kembung, maag, sakit perut, mual, dan muntah.

6. Lakukan latihan pernapasan
Serangan panik merupakan kondisi munculnya rasa takut dan gelisah secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas disertai gejala fisik, misalnya nyeri dada sebelah kiri, keringat dingin, sulit bernapas, dan jantung berdenyut cepat.

Apabila serangan panik terjadi, latihan pernapasan akan sangat membantu menenangkan pikiran dan mengatur ritme napas.

7. Gunakan inhaler
Inhaler merupakan alat bantu untuk menggunakan obat asma hirup. Guna meredakan nyeri dada, mengi, dan sesak napas yang muncul saat asma menyerang, penderitanya perlu menggunakan inhaler atau nebulizer yang berisi obat asma seperti kortikosteroid, formoterol, atau salbutamol.

Kortikosteroid dan formoterol biasanya menjadi pilihan karena jarang menyebabkan asma kambuh. Namun, bila memiliki riwayat alergi terhadap kedua obat tersebut atau tidak tersedia, penderita asma dapat memperoleh salbutamol sesuai dosis yang telah ditentukan oleh dokter.

8. Kompres dingin
Kompres dingin dapat dijadikan pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri apabila disebabkan oleh ketegangan otot di area dada. Otot dada yang tegang akibat mengangkat beban terlalu berat atau terjatuh dapat menyebabkan rasa sakit di dada, bahkan kondisi ini bisa menyebabkan otot robek.

Untuk mengatasinya, kompres dingin pada dada yang sakit selama 15–20 menit setiap hari hingga rasa nyerinya berkurang.

9. Konsumsi obat pereda nyeri
Salah satu obat pereda nyeri, yaitu aspirin, sering digunakan sebagai pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri apabila disebabkan oleh penyakit jantung. Obat ini mencegah terbentuknya gumpalan darah yang memicu serangan jantung dan stroke.

Apabila nyeri dada di kiri terjadi akibat cedera tanpa disertai tanda bahaya, seperti sesak napas, muntah darah, dan nyeri hebat, Anda dapat mengonsumsi obat nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, bila cara sederhana tidak mampu mengurangi gejala sakit di dada.

Sebagian besar penyebab nyeri dada bukanlah tanda kondisi kesehatan serius. Namun, waspadalah jika nyeri dada berlangsung lebih dari 15 menit, terasa seperti ditusuk atau ditimpa benda berat, menjalar hingga ke leher, punggung, dan lengan, atau disertai sesak napas, muntah, dan keringat dingin.

Gejala nyeri dada sebelah kiri tersebut kemungkinan besar merupakan tanda serangan jantung, apalagi jika Anda memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Apabila pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri di atas tidak juga efektif meredakan keluhan atau bahkan disertai berbagai gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan secepatnya.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index