Buka Konferensi VII PWI Rohil, Bupati: Cegah Hoaks dengan Karya Jurnalisitik Berkualitas

Buka Konferensi VII PWI Rohil, Bupati: Cegah Hoaks dengan Karya Jurnalisitik Berkualitas
Konferensi VII PWI Rohil (foto : chandra)

ROKAN HILIR (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik, Indra Gunawan, SH,MH membuka secara resmi Konferensi VII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hilir, di ruang pertemuan hotel di Bagansiapiapi, Selasa (31/01/2023). Tujuan kegiatan Konferensi XII PWI Rohil tersebut untuk memilih ketua dan pengurus periode 2023-2025. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anggota PWI dan 19 peserta pemilih biasa di seluruh Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam sambutannya Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong melalui Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SH,MH menyampaikan, nafas semangat dalam mewujudkan pers yang merdeka, profesional dan bermartabat harus dibarengi dengan karya jurnalistik yang berkualitas demi menjamin terpenuhinya hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

" Saya menyadari betul peran dan fungsi pers dalam usaha dan perjuangan untuk membangun negeri kita tercinta Rokan Hilir menjadi daerah yang maju, aman dan nyaman," kata Bupati sebagaimana yang dibacakan Kadiskominfotik.

Ditambahkannya, sebagai salah satu organisasi pers terbesar di Indonesia, dirinya selaku kepala daerah mengajak rekan PWI Kabupaten Rokan Hilir bersama dengan pemerintah daerah membangun Rokan Hilir dengan karya jurnalistik menjadi sumber referensi penting bagi masyarakat ditengah maraknya informasi hoaks yang beredar.

Dengan adanya konferensi cabang pemilihan ketua PWI Rohil periode 2023 - 2025 ini, semoga menjadi kesempatan untuk memilih pemimpin yang terbaik yang akan menahkodai organisasi PWI Rohil untuk tahun-tahun yang akan datang dalam perjuangannya sebagai wadah pejuang informasi.

" Semoga Ketua PWI yang terpilih nanti dapat melanjutkan kinerja yang sudah baik dari pemimpin sebelumnya dan meningkatkan aspek yang mungkin masih bisa terus dimaksimalkan," katanya.

Saya berharap PWI Rohil dapat terus menjalin sinergi yang erat bersama dengan pemerintah daerah terutama perannya dalam mengedukasi dan sebagai kontrol sosial demi menjadikan Rokan Hilir yang aman dan nyaman.

Sementara itu ditempat sama, Kadis Kominfotik, Indra Gunawan menerangkan sebagai mitra strategis, pemerintah telah memberikan bantuan kepada PWI melalui dana hibah ditahun 2021 dan 2023 agar organisasi ini berkembang sebagaimana dengan PWI di kabupaten lain. Dia juga berharap, konfercab bisa berjalan sukses dan lancar dan ketua dan pengurus baru yang terpilih nantinya dapat mensejahterakan anggotanya.

Selanjutnya, Raja Isyam Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Riau menyebutkan, jumlah keseluruhan anggota PWI se Provinsi Riau sebanyak 1100 anggota. Dari sebanyak itu, yang sudah kompenten atau melalui Uji Kompentensi Wartawan (UKW) sebanyak 500 orang.

" Jika dihitung hampir 50% dari seluruh anggota PWI se Provinsi Riau sudah kompenten. Kita akan terus berupaya seluruh anggota PWI mengikuti ujian kompentensi dengan menggandeng mitra seperti SKK Migas dan Pemerintah Provinsi Riau," kata Isyam.

Tujuan dari ujian UKW itu sendiri, kata Isyam, agar seluruh wartawan PWI bisa bekerja sesuai dengan Undang-undang dan tidak dicap sebagai wartawan abal - abal. Kita juga terbuka kepada pemerintah setempat untuk mensupport pelaksanaan UKW didaerah.

" Kualitas pers saat ini sudah banyak mengalami penurunan, ia mengatakan hal tersebut menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh pengurus PWI, karena PWI merupakan organisasi wartawan yang jumlah anggotanya paling besar," terangnya.

Turut hadir dalam konferensi VII tersebut, Wakil Sekretaris PWI Provinsi, Jinto Lumban Gaol dan seluruh pengurus PWI Kabupaten Rokan Hilir dan Ketua Panitia Pelaksana Konferensi VII PWI Rohil, Masrul Gusti.(R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index