Jangan Dilewatkan! Ini Keistimewaan Membaca Alquran pada Bulan Ramadhan

Jangan Dilewatkan! Ini Keistimewaan Membaca Alquran pada Bulan Ramadhan
membaca Alquran

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Bulan Ramadhan disebut sebagai ladang pahala bagi umat Muslim.

Itu dikarenakan setiap amal atau kebaikan yang dikerjakan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Salah satu amalan yang paling besar mendapatkan ganjaran pahala adalah tadarus Al-Quran.

Bulan Ramadhan juga disebut memiliki kaitan erat dengan Al-Quran dan malaikat Jibril.

Sebab pada suatu malam di bulan Ramdhan, diketahui merupakan waktu pertama kali diturunkannya wahyu Allah melalui malaikat Jibril.

“Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadan dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya.” (H.R. Bukhari No. 3220).

Lantas, apa saja keutamaan tadarus Al-Qur`an selama bulan Ramadhan?

Pahala berlipat

Umat muslim yang rutin melakukan tadarus Al-Qur`an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur`an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Obat penyakit fisik dan hati

Al-Qur`an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga tadarus Al-Qur`an selama bulan Ramadhan juga dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Allah SWT berfirman: "Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur`an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS al-Israa: 82)

Rumah menjadi bercahaya

Rutin membaca Al-Qur`an juga membuat rumah akan terasa tenang dan damai. Bahkan, membaca Al-Qur`an bisa membuat rumah menjadi lebih bercahaya. Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: "Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

Sementara itu, Rasulullah SAW bersabda: "Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati."

Dihadiri malaikat

Tadarus Al-Qur`an tidak hanya membuat rumah menjadi tenang dan damai. Seseorang yang rutin membaca Al-Qur`an selama bulan Ramadhan di rumahnya biasanya akan dihadiri oleh malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

Mendapatkan pertolongan di hari kiamat

Keutamaan membaca Al-Qur`an juga disebut akan memberikan kemuliaan, yakni mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari Kiamat. Dalam hadist disebutkan, nantinya Al-Qur`an akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya. "Bacalah bait Al-Qur`an, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,"  (HR. Muslim)

Amalan dan kebaikan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan bukan hanya rutin membaca Al-Qur`an. Bersekedah dan membayar zakat juga bisa dilakukan untuk memperoleh kebaikan. (R05)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index