Lima Amalan Ini Paling Besar Pahalanya Bila Dikerjakan di Bulan Ramadhan

Lima Amalan Ini Paling Besar Pahalanya Bila Dikerjakan di Bulan Ramadhan
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Di bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Selain itu, di bulan pernuh berkah ini juga umat muslim memanfaatkannya untuk memperbanyak amalan.

Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi setiap amalan di bulan puasa ini menyediakan berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari hari lainnya.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang bisa menambah amalanmu di bulan Ramadhan. Berikut beberapa amalan yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan, seperti melansir dari Muslim Hands.

1. Perbanyak Bersedekah atau Beramal

Manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak beramal dan bersedekah. Jangan menunda untuk bersedekah apabila bisa Anda lakukan setiap saat. Sisihkanlah sedikit dari pengeluaranmu untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Allah SWT mencintai orang-orang yang beramal dan suka membantu saudaranya. Tak harus diberikan secara terbuka, Anda juga bisa memberikan sedekah secara diam-diam yang mungkin akan mendatangkan banyak kebaikan untukmu juga.


2. Mengerjakan Sunah

Usahakan untuk selalu melaksanakan sahur bahkan jika hanya memakan buah dan meminum susu. Itu karena, ada berkah tersendiri pada setiap makanan sahur yang kita santap. Selain sahur, cobalah untuk melaksanakan berbagai sunah yang dianjurkan.

Contohnya melakukan salat tahajud, salat duha, salat tarawih, dan sebagainya. Niscaya Anda akan mendapatkan ketenangan hati dan berbagai kebaikan lain yang bisa Anda rasakan sendiri.


3. Mencari Pengampunan

Bulan Ramadan merupakan salah satu sarana terbesar untuk memperkuat kadar keimanan setiap tahunnya. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pengampunan dari Allah SWT.

Selain itu, waktu ini merupakan waktu yang tepat pula untuk bermaaf-maafan dengan keluarga, saudara, dan teman terdekat.

4. Perbanyak Berzikir dan Berdoa Witir

Membaca SubhanAllahi wa bihamdihi (Maha suci Allah dan segala puji hanya untuk-Nya) sebanyak seratus kali dalam sehari akan menghapus segala dosa yang telah diperbuat, bahkan jika dosa tersebut seluas lautan.

Pasti akan berat jika dilakukan sekaligus dalam satu hari. Namun, agar lebih mudah kamu bisa memecahnya menjadi dua puluh bagian. Dua puluh bagian itu bisa kamu pecah lagi menjadi sepuluh bagian pada sebelum salat dan sepuluh lagi setelah salat. Lalu, ulangi bacaan tersebut selama lima kali setelah Anda menunaikan salat fardu.

5. Mengkhatamkan Alquran

Mungkin akan sangat sulit mengkhatamkan Alquran dalam jangka waktu satu bulan saja. Namun, Anda bisa memecahnya agar bisa lebih mudah. Cobalah membaca 4-5 halaman setelah melakukan setiap salat fardu. Pada akhir Ramadan, kamu pun akan berhasil mengkhatamkan Alquran.

Perlu diingat bahwa Anda harus melakukannya secara konsisten setiap hari.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index