Ternyata Impor Beras 2 Juta Ton Sudah Diputuskan Presiden Jokowi

Ternyata Impor Beras 2  Juta Ton Sudah Diputuskan Presiden Jokowi
Beras Bulog

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Badan Pangan Nasional (Bapanas) menugaskan Perum Bulog untuk mengimpor beras 2 juta ton pada tahun ini.

Dari jumlah itu, 500 ribu ton harus didatangkan segera karena mendesak.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan kalau keputusan impor beras 2 juta sudah disetujui Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas pada Jumat, 24 Maret 2023 lalu.

"Menteri perdagangan tugasnya supporting, jadi kalau sudah rapat dan diputuskan lalu sudah diperintahkan ya kita kerjakan. Tapi sampai sekarang kita belum terima suratnya. Di ratas sudah diputuskan (impor beras)," ungkap Zulhas saat ditemui di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Senin (27/3/2023).

Sementara itu, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan hal yang sama.

Penugasan yang diberikan Bapanas kepada Perum Bulog untuk mengimpor beras 2 juta ton sudah disetujui Jokowi dan beberapa Kementerian/Lembaga terkait.

"Bapanas menugaskan setelah ada rapat internal dengan Pak Presiden beberapa waktu lalu, bukan (keputusan) badan pangan sendiri, bukan. Pastinya ini sudah diberikan masukan oleh seluruh kementerian dan lembaga," timpal Arief saat ditemui di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Dirut Perum Bulog Budi Waseso menyatakan impor beras sebanyak 2 juta ton tidak dilakukan sekaligus. Namun bertahap sesuai kebutuhan selama 1 tahun.

"Jadi ini alokasi tidak berarti harus 2 juta jadi daripada nanti kurang, ada lagi, terus ditugasin lagi, jadi ini sekaligus dikasih tugas dalam satu tahun. Tapi bukan berarti 2 juta itu harus dimasukkan semua, gak. Itu cadangan manakala ada sesuatu yang memang memerlukan tambahan, ini CBP lho," jelas Buwas.(R02)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index