Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, seperti mencegah batu ginjal dan menurunkan berat badan, banyak diyakini oleh masyarakat. Di balik ukurannya yang kecil, jeruk nipis memiliki segudang manfaat berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi.

Anda mungkin masih sulit membedakan jeruk nipis, jeruk limau, dan lemon lokal. Jika lemon berwarna kuning dan limau berwarna hijau tua, jeruk nipis berwarna hijau saat masih muda serta kekuningan saat tua. Ukuran jeruk nipis lebih besar daripada jeruk limau, tetapi lebih kecil daripada lemon.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan bisa dibilang cukup beragam, mulai untuk kecantikan hingga menjaga kesehatan jantung. Guna mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis secara langsung, mengolahnya menjadi minuman maupun dalam masakan, atau mengoleskannya ke kulit.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis
Dalam 1 buah jeruk mipis dengan berat sekitar 50 gram terkandung 45 gram air dan 22 kalori, serta beragam nutrisi berikut ini:

5 gram karbohidrat
55 gram kalium, 9 miligram kalsium, 11 miligram fosfor, 1,5 milligram natrium
10 miligram vitamin C
Selain itu, jeruk nipis juga mengandung protein, vitamin B1, B2, B3, dan beta karoten. Jeruk nipis juga dilengkapi antioksidan berupa flavonoid, quercetin, limonoids, hesperidin, dan asam sitrat.

Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Dengan rasa asam yang menyegarkan dan aroma yang khas, buah yang memiliki nama latin Citrus aurantiifolia ini sering dijadikan penambah cita rasa dalam masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih nikmat, beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh adalah:

1. Mengatasi flu
Anda dapat memetik manfaat jeruk nipis untuk mencegah flu. Manfaat ini hadir berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin C akan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan infeksi. Hasilnya, kekebalan tubuh meningkat dan tubuh menjadi lebih cepat pulih dari flu.

Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk nipis maupun suplemen vitamin C bermanfaat untuk mengurangi keparahan gejala flu dan mempercepat penyembuhan.

2. Mencerahkan kulit
Jika Anda memiliki flek hitam di wajah atau ingin mencerahkan kulit, mulailah rutin mengoleskan jeruk nipis sebagai masker wajah. Menggunakan masker jeruk nipis akan menghambat pembentukan pigmen kulit (melanin) dan melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Manfaat jeruk nipis untuk mencerahkan kulit berasal dari hesperidin, salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam buah ini.

Guna mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit wajah, Anda bisa membuat masker dari campuran jeruk nipis dan madu. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari mengoleskan masker ini karena dapat membuat kulit terasa perih dan seperti terbakar.

3. Mencegah keriput
Masih mengulas manfaat jeruk nipis untuk kulit, Anda dapat memanfaatkannya untuk mencegah keriput. Vitamin C merupakan vitamin yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen agar kulit tetap kencang. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan sumber vitamin C memiliki kulit yang lebih kencang dan lembap seiring dengan pertambahan usia.

Selain itu, antioksidan dalam jeruk nipis juga memiliki kemampuan dalam memerangi tanda penuaan dini pada kulit.

4. Menurunkan berat badan
Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lemak lebih sedikit. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis ini, Anda dapat membuat infused water dari irisan jeruk nipis dan segelas air. Anda juga bisa meminum segelas air yang diberi perasan jeruk nipis setiap pagi.

Kendati demikian, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari dan menjalani pola makan sehat.

5. Mencegah anemia
Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Kadar zat besi darah yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Kondisi ini dapat dicegah dengan mengonsumsi jeruk nipis yang mengadnung vitamin C. Vitamin C dalam jeruk nipis akan meningkatkan penyerapan zat besi.

6. Mencegah penyakit asam urat
Tubuh secara alami akan menghasilkan asam urat untuk memecah purin yang terdapat di dalam makanan, seperti daging, jeroan, dan boga bahari (seafood). Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, akan terjadi peradangan pada sendi yang dikenal sebagai penyakit asam urat atau gout.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga dapat mencegah penyakit asam urat. Ini berkat kandungan vitamin C dalamnya. Vitamin ini akan mengurangi peradangan dan pembentukan asam urat.

Bila Anda sudah telanjur menderita penyakit asam urat, tidak ada salahnya tetap rutin minum air jeruk nipis untuk mengurangi peradangan. Mengonsumsi jeruk nipis akan membantu mengurangi gejala asam urat, seperti nyeri sendi, yang Anda alami.

7. Menurunkan gula darah
Jeruk nipis menjadi buah yang baik bagi penderita diabetes. Alasannya, jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Tidak hanya itu, vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Supaya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini maksimal, jangan menambahkan gula saat mengolah minuman menggunakan jeruk nipis.

8. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan kalium dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini sangat berguna bagi penderita tekanan darah tinggi. Sebab, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Di samping itu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Kondisi yang disebut aterosklerosis ini dapat berujung pada serangan jantung maupun stroke.

9. Mencegah batu ginjal
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar zat sisa, seperti kalsium, asam oksalat, dan asam urat, di dalam tubuh. Zat-zat ini kemudian membentuk kristal di dalam ginjal yang makin mengeras seperti batu.

Nah, kandungan asam sitrat dalam lemon akan menetralkan zat sisa dalam urine, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, asam sitrat dalam jeruk nipis bahkan dapat memecah batu ginjal yang berukuran kecil.

10. Mencegah kanker
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara, kolon, pankreas, dan limfoma. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini berkat kandungan antioksidan berupa flavonoid. Selain terdapat dalam jeruk nipis, flavonoid juga terdapat dalam buah sitrus lainnya, seperti lemon, jeruk bali, jeruk limau, jeruk mandarin, dan jenis jeruk lainnya.

Meski ada banyak, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitas dan kemungkinan efek sampingnya.

Untuk mendapatkan deretan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, Anda bisa mengolah jeruk nipis menjadi minuman yang nikmat. Caranya adalah dengan meminum campuran 1 gelas air, air perasan dari ½ buah jeruk nipis, dan 1 sendok teh madu. Untuk menambah aroma, Anda dapat menambahkan sejumput bubuk kayu manis dan seruas jahe.

Meski menyehatkan, efek samping konsumsi jeruk nipis juga perlu diperhatikan. Asam sitrat dalam jeruk nipis bisa mengikis lapisan terluar gigi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk mengurangi risiko ini, minumlah air jeruk nipis melalui sedotan dan berkumurlah dengan air putih setelahnya.

Selain itu, air jeruk nipis juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jadi jika Anda menderita GERD atau kondisi kesehatan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index