Minuman Pelancar Haid yang Bisa Dicoba

Minuman Pelancar Haid yang Bisa Dicoba
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Minuman pelancar haid mungkin pernah, bahkan rutin, dikonsumsi agar haid menjadi teratur. Selain didapatkan dengan cara dibeli, minuman pelancar haid juga bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Haid tidak lancar terjadi ketika wanita tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Kondisi ini ditandai dengan masa haid yang lebih cepat, lebih lambat, atau bahkan tidak haid hingga beberapa bulan.

Umumnya, haid tidak lancar dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup tidak sehat, stres, kehamilan, penyakit tiroid, hingga sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Untuk mengatasi haid tidak teratur, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman pelancar haid. Tidak selalu harus membelinya, Anda juga bisa membuat minuman pelancar haid di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan tidak kalah efektvitasnya.

Pilihan Minuman Pelancar Haid
Haid tidak lancar sebenarnya perlu ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Namun, beberapa perawatan rumahan, termasuk mengonsumsi minuman pelancar haid, bisa Anda coba upayakan guna mengembalikan siklus haid kembali normal.

Minuman pelancar haid biasanya mengandung tanaman-tanaman yang dapat melancarkan menstruasi, serta meredakan nyeri haid. Berikut adalah beberapa contoh minuman pelancar haid:

1. Jahe
Anda mungkin perlu menambah persediaan rimpang ini di dapur. Sebab, jahe termasuk salah satu bahan minuman pelancar haid. Anda bisa mendapatkan manfaat jahe ini dengan mengolahnya sebagai teh atau wedang jahe, maupun menambahkannya ke dalam teh herbal lain.

Tak hanya memperlancar haid, jahe bermanfaat juga bermanfaat untuk meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS), meredakan nyeri haid, serta mengurangi darah mens yang lebih banyak dari biasanya.

2. Kayu manis
Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi agar lebih teratur, sehingga dapat dimasukkan ke dalam pilihan minuman pelancar haid.

Untuk membuat minuman pelancar haid dari kayu manis, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat. Kayu manis sebagai minuman pelancar haid juga bisa ditambahkan ke dalam teh herbal lainnya.

Kayu manis tak hanya membantu memperlancar siklus haid, tetapi juga mampu mengurangi nyeri haid dan menjadi salah satu pilihan pengobatan alami untuk PCOS.

3. Cuka sari apel
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka sari apel setiap hari dapat memperlancar siklus haid penderita PCOS. Jadi, jika Anda mengalami mens yang tidak teratur karena menderita PCOS, konsumsilah cuka sari apel sebagai minuman pelancar haid.

Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan meminum cuka sari apel secara langsung. Anda juga dapat mengencerkan cuka sari apel dengan air hangat dan menambahkan 1 sendok makan madu.

4. Nanas
Nanas menjadi salah satu buah yang dikenal berkhasiat dalam mengatasi keluhan menstruasi, salah satunya melancarkan siklus haid. Manfaat buah tropis ini diperoleh dari kandungan bromelain yang memperlancar proses peluruhan dinding rahim selama proses menstruasi. Selain itu, nanas juga memiliki sifat antiradang dan pereda nyeri yang dapat mengatasi keluhan nyeri haid.

Untuk mendapatkan manfaat nanas sebagai minuman pelancar haid, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi jus maupun smoothie yang menyegarkan.

5. Teh chamomile
Teh chamomile menjadi minuman pelancar haid berikutnya yang dapat Anda coba di rumah. Berkat sifat antioksidan dan antiradang yang dimiliki chamomile, teh ini mampu mengatasi haid tidak lancar serta meredakan nyeri haid.

Anda cukup menyeduh 1 kantung teh chamomile dengan air panas, kemudian diamkan selama beberapa menit sampai teh menyatu dengan air. Lalu, nikmati teh selagi hangat.

Meski dipercaya dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar, sebaiknya jangan mengandalkan minuman pelancar haid saja, ya. Anda juga perlu membarenginya dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengatur pola makan, rutin berolahraga, mengelola stres, dan beristirahat yang cukup.

Jika Anda telah mencoba berbagai minuman pelancar haid di atas dan menerapkan pola hidup sehat tetapi haid masih tidak teratur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan menenrtukan penyebab dan penanganan yang sesuai.

Jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter bila Anda tidak mengalami mens sebanyak 3 kali atau lebih dalam 1 tahun, mens terjadi sangat sering atau siklusnya kurang dari 21 hari, mens terjadi lebih dari 7 hari, maupun keluarnya darah mens yang lebih banyak dari biasanya.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index