Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kanan

Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kanan
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan tidak selalu mengandalkan obat-obatan. Beberapa perawatan mandiri juga bisa menjadi pilihan pertama untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, mulai dari ketegangan otot, cedera, hingga kondisi yang lebih serius, seperti naiknya asam lambung, stres dan kecemasan, batu empedu, pneumonia, dan patah tulang rusuk.

Gejala nyeri dada sebelah kanan yang dikeluhkan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang merasakan nyeri yang tajam, nyeri berdenyut, atau dada seperti terbakar. Selain itu, nyeri dada sebelah kanan juga dapat berupa sesak napas, demam, batuk terus-menerus, heartburn, sulit menelan, kliyengan, dan penurunan berat badan yang tidak direncanakan.

Meski tidak selalu karena hal yang serius, nyeri dada kanan tetap memerlukan penanganan untuk memastikan penderitanya bisa menjalani aktivitas tanpa gangguan. Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan yang tepat akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Beberapa Cara Mengatasi Nyeri Dada sebelah Kanan
Penanganan nyeri dada sebelah kanan memang perlu disesuaikan dengan penyebabnya, tetapi Anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan secara mandiri sebagai langkah pertama. Berikut adalah beberapa cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan:

1. Lakukan kompres dingin
Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh otot menegang. Kondisi ini bisa dikarenakan mengangkat benda berat, seperti menggendong anak. Kompres dingin dapat menjadi cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan oleh kondisi ini.

Kompres dingin akan membantu mengurangi peradangan pada dada, serta mengurangi rasa nyeri. Anda dapat menempelkan kompres dingin di bagian dada yang sakit beberapa kali sehari untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Konsumsi teh chamomile
Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh chamomile. Minuman ini diduga memiliki efek menenangkan, sehingga mampu mengurangi kecemasan, membuat tidur lebih nyenyak, meredakan nyeri perut, serta mengurangi ketegangan otot yang dapat menjadi penyebab nyeri dada bagian kanan.

3. Konsumsi kacang almond
Makan kacang almond maupun minum susu almond dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri dada yang disebabkan oleh asam lambung naik atau GERD. Kacang almond termasuk ke dalam kelompok makanan basa yang dapat meredakan dan menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. Konsumsi obat antinyeri
Selain dengan menerapkan beberapa cara mandiri di atas, Anda juga dapat mengatasi nyeri dada kanan dengan mengonsumsi obat antinyeri. Obat ini berfungsi untuk mengurangi nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan oleh ketegangan otot maupun cedera. Beberapa contoh antinyeri yang bisa Anda konsumsi adalah parasetamol dan ibuprofen.

5. Konsumsi obat antasida
Jika nyeri dada sebelah kanan disebabkan oleh asam lambung, konsumsi antasida sebagai cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan merpakan langkah yang tepat. Obat ini akan menurunkan asam lambung dengan cepat, sehingga keluhan nyeri dada sebelah kanan pun teratasi. Contoh obat antasida antara lain adalah aluminium hidroksida, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida.

6. Konsumsi asam ursodeoksikolat
Obat ini bermanfaat untuk mengatasi nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan oleh batu empedu. Dokter mungkin akan meresepkan asam ursodeoksikolat jika batu empedu berukuran kecil dan tidak mengandung kalsium. Selain itu, obat ini juga dipakai untuk mencegah pembentukan batu empedu pada orang yang berisiko mengalami kondisi tersebut.

7. Konsumsi obat antidepresan
Cemas atau stres yang hebat dapat memicu terjadinya serangan panik, yang gejalanya mirip dengan serangan jantung, yakni nyeri dada sebelah kanan.

Untuk meredakan atau mengatasi nyeri dada sebelah kanan yang disebabkan oleh stres, dokter mungkin akan meresepkan obat antidepresan, seperti fluoxetin, duloxetin, atau sertraline.

Nyeri dada sebelah kanan tidak selalu terjadi karena kondisi yang serius. Namun, jika nyeri berlangsung lebih dari beberapa hari atau memburuk meski telah menerapkan berbagai cara mengatasi nyeri dada kanan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dengan demikian, dokter dapat mencari tau penyebab nyeri dada sebelah kanan yang Anda alami dan memberikan penanganan yang sesuai.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index