Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kemih yang Sudah Parah

Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kemih yang Sudah Parah
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah di antaranya adalah demam tinggi dan nyeri berat pada perut atau pinggul. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti penyakit ginjal, sepsis, atau bahkan kematian.

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri masuk ke sistem saluran kemih dan menimbulkan infeksi dan peradangan. Infeksi salurn kemih bisa menyerang berbagai bagian dari sistem saluran kemih, seperti uretra, saluran kemih, kandung kemih, dan ginjal.

Pada kasus tertentu, infeksi saluran kemih bisa saja tidak bergejala. Namun, penyakit ini juga tak jarang menimbulkan gejala tertentu, seperti sering buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil (anyang-anyangan), dan nyeri punggung bawah.

Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi saluran kemih bisa makin berat, sehingga muncul ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah.

Beragam Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kemih yang Sudah Parah
Infeksi saluran kemih yang ringan biasanya bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan. Kondisi ini juga biasanya tidak menimbulkan keluhan yang mengganggu. Namun, pada kasus yang parah atau sering kambuh, infeksi saluran kemih bisa menimbulkan tanda-tanda tertentu dan menyebabkan beberapa komplikasi, mulai dari terbentuknya batu ginjal, gagal ginjal, hingga sepsis.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah:

1. Demam tinggi dan menggigil
Demam dan menggigil merupakan ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah. Kedua kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa infeksi pada saluran kemih kemungkinan telah menjalar hingga ke ginjal atau bahkan organ lainnya.

2. Mual dan muntah
Mual dan muntah juga merupakan ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah. Mual dan muntah bahkan bisa membuat penderitanya merasa sangat lemas dan lemah akibat dehidrasi.

3. Nyeri berat
Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang parah lainnya adalah nyeri berat yang terasa di panggul, perut, punggung, atau pinggang. Rasa nyeri ini terkadang menjalar hingga ke sekitar anus.

Nyeri panggul disebabkan oleh peradangan pada bagian yang termasuk dalam sistem saluran kemih, seperti ginjal, saluran kemih, dan kandung kemih.

Nyeri panggul umumnya lebih sering dirasakan oleh pasien wanita. Sementara itu, pria yang mengalami infeksi saluran kemih berat terkadang bisa merasakan nyeri di anus.

4. Nyeri punggung atau pinggang ketika ditekan
Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah selanjutnya adalah timbulnya rasa nyeri di pinggang atau punggung, terutama ketika diketuk atau ditekan. Nyeri ini terjadi karena ginjal dan saluran kemih telah mengalami infeksi dan peradangan yang parah.

Selain itu, nyeri juga bisa menjalar ke perut bagian bawah. Nyeri di bagian ini kemungkinan menandakan bahwa infeksi berada di kandung kemih (sistitis).

5. Kencing berdarah
Munculnya darah pada air kencing merupakan ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah lainnya. Darah ini bisa berasal dari mana saja di saluran kemih, seperti kandung kemih, ginjal, atau uretra.

6. Urine berwarna keputihan
Ciri-ciri infeksi salurah kemih yang parah ini biasanya disebabkan oleh adanya nanah di saluran kemih yang ikut keluar bersama urine. Nanah terbentuk akibat sel-sel darah putih terus melawan bakteri penyebab infeksi.

Selain berwarna keputihan, nanah pada urine akibat infeksi saluran kemih parah juga bisa berwarna kehijauan atau kekuning-kuningan.

7. Urine berbau busuk
Urine yang berbau busuk dan menusuk juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri infeksi saluran kemih parah. Gejala ini umumnya terjadi karena ada banyak bakteri di urine. Gejala ini juga bisa jadi tanda adanya infeksi menular seksual, seperti klamidia atau trikomoniasis.

Selain berbau busuk, urine pada pasien infeksi saluran kemih parah juga tampak lebih pekat, berwarna keputihan, atau bahkan berdarah.

8. Pingsan
Pada kasus yang sudah parah, kuman penyebab infeksi saluran kemih bisa menyebar ke aliran darah dan menginfeksi organ-organ lainnya. Kondisi ini disebut sebagai sepsis.

Saat terkena sepsis, pasien bisa mengalami gejala berupa pingsan, lemas, atau bahkan koma. Ini merupakan salah satu ciri-ciri infeksi saluran kemih parah yang harus segera ditangani.

Penanganan Infeksi Saluran Kemih yang Parah
Infeksi saluran kemih yang sudah parah perlu ditangani oleh dokter secepatnya. Biasanya, pasien yang mengalami kondisi ini perlu dirawat di rumah sakit.

Untuk menangani infeksi saluran kemih yang parah, dokter akan memberikan obat antibiotik melalui infus kepada pasien. Pilihan obat antibiotik akan disesuaikan dengan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini:

Untuk para wanita, bersihkan vagina dengan baik setelah buang air kecil. Caranya adalah dengan membasuh vagina dari depan ke belakang, lalu mengeringkannya. Langkah ini dapat mencegah kuman Ecoli berpindah dari anus ke vagina.
Cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh organ intim.
Untuk wanita yang sedang menstruasi, gantilah pembalut atau tampon secara teratur agar terhindar dari infeksi.
Minum air putih yang cukup agar produksi urine dan proses buang air kecil menjadi lebih lancar. Dengan demikian, lebih banyak bakteri bisa dikeluarkan dari saluran kemih.
Jangan menahan pipis agar kuman tidak berkembang biak di dalam saluran kemih atau kandung kemih.
Gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim dan jangan berganti pasangan seksual.
Jika Anda menderita infeksi saluran kemih yang sering kambuh atau bahkan mengalami ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sudah parah, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan penanganan secepatnya dan terhindar dari komplikasi yang berbahaya.(R04)
SUmber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index