Ayam Mati Positif Flu Burung Kembali Terjadi di Kampar, Masyarakat Diminta Waspada...

Ayam Mati Positif Flu Burung Kembali Terjadi di Kampar,  Masyarakat Diminta Waspada...
ILustrasi ayam.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau kembali menerima laporan adanya ayam yang mati mendadak di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Laboi Jaya, Kecamatan Bangkinang. Setelah dicek di laboratorium, ayam-ayam yang mati mendadak tersebut positif flu burung.

Kepala Dinas PKH Riau Herman melalui Kabid Kesehatan Hewan Faralinda Sari mengatakan, diketahuinya ayam tersebut terkena virus flu burung setelah pihaknya menerima hasil pengecekan di laboratorium BVET Bukittinggi. 

"Sudah kami terima hasilnya memang ayam mati di Desa Laboi Jaya itu positif flu burung. Sama dengan ayam mati di Desa Koto Masjid," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan kembali adanya ayam yang positif flu burung di Kabupaten Kampar, pihaknya meminta masyarakat untuk dapat lebih waspada. Kemudian, petugas kesehatan hewan juga sudah diminta memberikan sosialiasi kepada masyarakat.

"Untuk saat ini, tidak diperbolehkan ada unggas yang keluar dari lokasi ditemukan ayam positif flu burung di Kampar. Ini untuk mengantisipasi penyebaran virus ke daerah lain," ujarnya.

Menurut Faralinda, petugas kesehatan hewan juga sudah diminta memberikan sosialiasi kepada masyarakat, jika menemukan unggas mati mendadak untuk segera melaporkan kepada petugas. Kemudian, terhadap unggas tersebut harus segera dimusnahkan.

"Kalau ada unggas yang mati mendadak, segera laporkan kepada petugas dan dimusnahkan. Cara pemusnahannya dengan cara di desinfektan, kemudian di bakar didalam lubang dan ditimbun," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengirimkan disinfektan kepada para peternak unggas untuk mencegah flu burung. 

"Karena sudah dinyatakan positif flu burung ratusan unggas yang mati di Kampar. Kami memberikan disinfektan kepada peternak untuk pencegahan," katanya. (mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index